Pelatihan Internet untuk Petani di Maumere

0 , , , Permalink 0

Ini adalah foto suasana pelatihan internet di Maumere sore ini.

Pelatihan sejak kemarin hingga besok sore ini diikuti delapan peserta dari mitra VECO Indonesia di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di antaranya dari Asosiasi Petani Kakao Nangapenda (SIKAP) Ende, Jaringan Petani Wulanggitang (Jantan) Flores Timur. Adapun LSM yang ikut ada Ayu Tani dan Bangwita.

Seperti biasa, pelatihan ini juga melibatkan teman-teman blogger lokal. Sebagai pemandu kali ini adalah seleblog plus selebtwit dari Komunitas Blogger Flobamorata, Tuteh Pharmantara. Aku cukup bantu doa selama pelatihan. :-))

Dan, seperti biasa pula, pelatihan untuk petani ini menghadapi banyak tantangan. Kali ini dua hal, rendahnya tingkat pengetahuan internet dan syusyahnya koneksi internet. Hampir semua peserta baru kenal internet. Theodorus Mbata, petani dari Ende, mengaku baru kali ini memegang laptop. “Jadi mohon maaf kalau nanti susah mengikuti,” katanya.

Namun, selama pelatihan, meskipun memegang tetikus pun masih gemetar, Om Theo ini antusias. Menyenangkan. Dia tak minder belajar di usia yang sudah lebih dari paruh baya.

Maka, kesabaran sebagai pendamping selama pelatihan pun harus bertambah. Sebab, selain harus mendampingi peserta yang baru kenal laptop juga harus menghadapi kenyataan pahit lainnya, internet lelet!

Pas lagi buka gmail.com di sesi belajar email, tiba-tiba koneksi wifi di tempat pelatihan, Hotel Sylvia Maumere mati. Atau pas nulis baru di WordPress di sesi belajar blog, mendadak koneksi putus. Masih bersabar? Ya, enggaklah. Tentu saja aku misuh (dalam hati), “Cuk!”

But, dengan segala keterbatasan dan ekstra kesabaran, akhirnya semua peserta bisa bikin email juga lanjut bikin blog dan tentu mengisi dengan satu dua tulisan. Dari tak bisa menjadi bisa. Dari tak ada menjadi ada.

Tinggal besok lanjut tentang media sosial.

Selanjutnya, urusan masing-masing peserta. Kami tak bisa mengawasi dan memaksa semua peserta untuk terus aktif berinternet. Peran kami hanya mengajak dan mengajari mereka.

Btw, tulisan ini diketik dari Android. Buat contoh hasil tulisan ke peserta saja.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.