BaleBengong selama 2020, Adaptasi atau Mati!

Tahun 2020 sungguh tahun yang tidak mudah.

Selama hampir sepanjang tahun kita menyaksikan situasi dunia yang pontang-panting menghadapi pandemi COVID-19, termasuk di Bali. Jumlah korban terus bertambah dengan aturan penanganan yang terus berubah-ubah.

Karena pandemi, kita juga harus mengubah banyak hal termasuk dalam perilaku sehari-hari maupun berkomunikasi.

BaleBengong mau tak mau turut terdampak situasi tersebut. Kami pun harus mengubah tema dan metode kegiatan tahunan Anugerah Jurnalisme Warga (AJW). Pada tahun-tahun sebelumnya kami rayakan malam penghargaannya dengan bertemu secara langsung sekaligus sebagai malam bersapa ria. Tahun lalu kami mengubahnya menjadi pertemuan secara virtual.

Tema yang sebelumnya sudah kami rencanakan juga harus menyesuaikan dengan situasi, tentang pandemi COVID-19.

Dan, adaptasi AJW 2020 hanya permulaan. Setelahnya, kita terus menghadapi begitu banyak hal yang membuat kita harus belajar menyesuaikan diri.

Pandemi COVID-19 pun menjadi topik dalam berbagai kegiatan BaleBengong sepanjang 2020. Usai sebagai tema AJW 2020, kami juga menjadikan pandemi COVID-19 sebagai pertimbangan dalam kegiatan-kegiatan lain, termasuk liputan mendalam dan kelas-kelas jurnalisme warga yang kami adakan selama 2020.

Hingga pertengahan Februari 2021 ketika kami menyusun Laporan Tahunan ini, belum ada tanda-tanda bahwa pandemi COVID-19 akan berhenti. Vaksinasi memang menjadi harapan, tetapi secara statistik penambahan korban terus terjadi termasuk di Bali. Dan, semua korban itu adalah manusia dengan ceritanya masing-masing. Mereka bukan sekadar angka.

Maka, ketika kita semua masih mampu melewati pandemi ini dengan sehat walafiat, percayalah, itu sudah menjadi sebuah pencapaian. Sesuatu yang layak dicatat sambil mengenang mereka yang telah berpulang. Agar cerita-cerita mereka tidak berlalu begitu saja.

Hatta, mencatat setiap cerita akan tetap relevan dalam situasi apapun. Kami percaya, sebagaimana dinukilkan Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk kemanusiaan dan keabadian. Sesuatu yang selama ini BaleBengong lakukan sejak lahir lebih dari 13 tahun silam.

Laporan Tahunan ini salah satu upaya mengabadikan riwayat kami selama pandemi tersebut, dan tentu saja sebagai pertanggungjawaban terhadap warga, kepada siapa selama ini kami bekerja.

Silakan unduh dan baca laporan lengkapnya di sini.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.