Malu Bertanya, Gunakan Saja Social Media

2 , , Permalink 0

Ini sebenarnya cerita lama ketika ke Makassar Mei lalu.

Kalau tak salah sekitar Mei lalu. Ketika ke sana untuk pekerjaan hanya satu hari.

Ketika itu aku menginap di daerah Panakukkang. Padahal biasanya tiap kali ke kota tepi pantai ini, aku biasa menginap di daerah ternamanya, Pantai Losari. Karena menginap di daerah baru, aku pun tak terlalu kenal daerah ini. Termasuk soal di manakah tempat mencari makan yang enak.

Maka, saat itu aku pun tanya ke petugas hotel, “Di manakah warung coto yang enak di dekat hotel?”

Dua staf hotel di bagian resepsionis memberikan nama dan petunjuk ke sana. Aku iya iya saja. Pura-pura mengerti nama dan arah yang diberikan. Padahal begitu keluar hotel, aku tidak tahu sama sekali.

Ada beberapa tukang becak montor alias bentor di pojok jalan. Pas mau tanya mereka aku agak malas. Malu campur malas.

Lalu, aku baru sadar bahwa di kantong kiri celanaku ada ponsel pintar. Yes, bukan ponsel biasa tapi ponsel pintar. Namanya saja ponsel pintar, maka dia biasanya bisa memberikan jawaban terhadap banyak pertanyaan.

Maka aku pun buka si ponsel cerdas, buka aplikasi Foursquare, dan bertanya ke benda keren ini dengan bahasa kurang lebih begini, “Di manakah warung coto enak yang paling dekat dari sini?”

Jreng jreng! 4sq pun memberikan jawaban, “Warung Coto Pettarani.” Tak cuma nama, di sana juga ada komentar-komentar, lebih tepat sih pujian, soal enaknya warung coto tersebut.

Maka, begitulah kemalasanku bertanya kepada tukang bentor pun terjawab oleh ponsel cerdas tersebut.

Cuma ya jadi aku merasa tersindir saja. Biasanya tiap kali check in di Foursquare aku suka ngaco. Ya ngapain juga harus ngasih tahu orang di mana kita pada saat itu. Merasa kurang terjaga privasi saja sih.

Eh, ternyata kali ini aku kena batunya. Setelah selama ini merasa Foursquare tak ada gunanya, ternyata aku salah juga. Aplikasi social media berbasis lokasi ini ternyata berguna juga untuk memberikan referensi tempat-tempat yang dicari mereka yang membutuhkan. Tak cuma tempat makan tapi juga mungkin bank, ATM, rumah sakit, atau sekadar tempat kencan.

Maka, mari lanjutkan check in. Dan jangan lupa tinggalkan pesan atau tips di venue tempat check in tersebut. Pasti ada saja gunanya untuk mereka yang membutuhkan.

No related content found.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *