Enakan Kerja Pagi daripada Lembur

2 Permalink 0

Edit video.

Sudah sekitar sebulan ini pola tidurku berubah.

Sebelumnya, kami selalu tidur lebih awal. Tubuhku bahkan sudah nempel kasur pukul 8 malam. Tak lama kemudian mendengkur mendahului yang lain.

Pengaruhnya, bangun pun selalu lebih awal. Biasanya pukul 4 sudah bangun. Sering kali malah sebelum itu, antara pukul 3 atau 3.30 pagi. Jam segitu, suasana masih sepi. Di rumah juga masih pada lelap.

Bangun pagi lebih banyak manfaatnya. Kalau bangun pagi, aku bisa kerja lebih awal. Jika tidak menulis, biasanya mengedit atau sekadar berselancar di dunia maya. Kerja pagi-pagi selalu lebih asyik rasanya karena sejumlah alasan.

Kalau kerja pagi rasanya otak dan tubuh lebih segar. Setelah semalaman rehat, pikiran masih kosong. Belum banyak yang mengganggu kecuali apa yang dibaca dari ponsel pada saat baru bangun pagi.

Tubuh juga terasa lebih sehat.

Beda sekali dengan kerja lembur begini. Badan dan pikiran sudah seharian diajak melakukan banyak kerjaan. Kalau malam tinggal capeknya.

Enaknya kerja pagi juga karena suasana masih sepi. Penghuni rumah ataupun gang masih ada lelap. Para tetangga, bahkan ayam-ayamnya pun belum bangun. Dengan suasana lebih sepi, pikiran terasa lebih cepat bekerjanya. Tak banyak gangguan.

Aku memang manusia pagi.

Aku merasa lebih produktif jika tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Pukul 3.30 pagi bangun, bikin kopi, menyelesaikan satu dua pekerjaan, sampai anak-anak dan Bunda bangun.

Pukul 6.30an anak-anak mulai bangun. Bersih-bersih rumah, sarapan, lalu nganter Bani sekolah pukul 7. Jadi lumayan, antara pukul 4 sampai 6.30 sudah bisa melakukan banyak hal.

Itu pula enaknya bangun pagi. Bisa membangunkan yang lain biar tidak buru-buru. Bisa punya lebih banyak waktu untuk ngobrol sama anak-anak pas sarapan bareng.

Sarapan bareng Bunda dan anak-anak lalu nganter Bani sekolah juga jadi semacam rehat. Setelah itu bisa lanjut lagi jika perlu.

Tapi, entah kenapa, sekita sebulan ini polaku agak berubah. Hasilnya kemudian nglembur edit tiga tulisan lalu curhat di blog.

Sudah ah. Sudah 11.30 malam. Mari bobok.

2 Comments
  • snydez
    April 20, 2017

    gue selalu kerja di kantor yang jam mulai masuknya pagi 7.30 atau 8.
    tapi beberapa waktu lalu pernah ditugasin ngantor di kantor orang, dan ini kantor baru ‘buka’ jam 10 pagi!
    aje gile. akhirnya gue terpaksa melipir dulu ke 7-eleven nunggu 2 jam

    ga efektif menurut gue, nanti baru masuk sebentar, fokus kerjaan sebentar, udah waktu makan siang. trus karena masuk jam 10, rata-rata pulang jam 9 . .. hadeh..

    ReplyReply

    [Reply]

  • pandebaik
    April 28, 2017

    Sebagai PNS ya musti bisa jadi manusia pagi Mas…
    jadinya bangun pagi dan tidur selidan juga aku lakoni.
    cuma pas bangun pagi, sudah ndak sempat lagi buat nulis… sudah ambil kerjaan rumah :p

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *