BBC: Ramai di Milis Sepi di Kegiatan

7 , , Permalink 0
Tulisan ini dimuat di majalah online Blogfam, keluarga besar blogger di dunia maya. Persisnya di rubrik Komunitas edisi Agustus. Semoga bisa jadi referensi tentang sejarah BBC, siapa saja anggotanya, dan dinamika di dalamnya.

Thx untuk Sa, yang sudah memberi kesempatan.

Oya, tulisan ini bertanda bintang tiga di belakang (***), artinya penulis bisa menulis semaunya tanpa disensor. Dan tidak perlu bayar seperti di koran sebelah. 😀

BBC: Ramai di Milis Sepi di Kegiatan

Awal Mula
Semua berawal dari rasa iri. Dalam arti postif tentu saja. Ketika komunitas blogger di kota lain bermunculan seperti cendawan di musim hujan, komunitas blogger di Bali justru sepi. Nyaris tidak ada suara. Padahal di kota lain begitu gegap gempita.

Blogger Family (Blogfam), Bandung Blogger Village (BBV), Loenpia Semarang, Angkringan Yogyakarta, Anging Mammiri Makassar, bahkan WongKito Palembang. Semua bermunculan satu per satu.

Tapi, komunitas blogger Bali benar-benar sunyi. Padahal sebenarnya banyak juga blogger yang tinggal di Bali, berdarah Bali, atau sekadar punya hubungan emosional dengan Bali.

Dari kontak lewat blog dan email, empat blogger Bali kemudian sepakat bertemu, bahasa kerennya Kopi Darat (Kopdar) pada Sabtu, 28 Juli 2007. Prima, Dewi, Anton, dan Ayip membuat obrolan kecil di Kafe Habitat Sanur, Denpasar. Bolehlah kopdar ini disebut sebagai kopdar pertama komunitas blogger Bali. Sebab, dari sinilah kemudian lahir ide untuk memulai inisiatif membuat komunitas blogger Bali.

Langkah pertama adalah membuat mailing list (milis) untuk blogger Bali. “Soalnya lucu juga kalau belum kontak sebelumnya lalu tahu-tahu ngajak bikin kopdar,” kata Dewi waktu itu.

Maka, milis pun jadi. Lalu, satu per satu blogger Bali pun berkumpul di milis ini. Dari yang semula diundang satu per satu, kini setidaknya ada 185 anggota milis ini. Milis ini terbuka untuk semua blogger Bali.

Adanya membuat milis membuat blogger Bali mulai lebih kenal dan rajin kontak satu sama lain. Namun kontaknya ya hanya secara virtual, meski beberapa di antaranya sudah ada yang pernah ketemuan.

Meski demikian, komunitas online ini belum punya nama. Bali Blogger Community (BBC) baru disepakati sebagai nama komunitas blogger Bali pada kopdar ketiga, 11 November 2007.

Kopdar ketiga ini memang paling banyak dihadiri anggota BBC. Kalau kopdar pertama dan kedua hanya dihadiri lima orang, maka pada Kopdar di Kedai Desa Dusun ini ada 33 anggota BBC. Karena itu, kopdar kali ini bisa memutuskan apa nama untuk komunitas ini. Awalnya ada ide untuk pakai nama Semeton Blogger, sesuatu yang lebih bersifat lokal. Semeton adalah bahasa Bali yang berarti perkumpulan, tapi lebih cair. Kurang lebih sama dengan paguyuban dalam bahasa Indonesia.

“Lebih baik pakai nama yang mudah dimengerti orang lain. Sebab, Bali kan daerah internasional,” kata Ebo, salah satu anggota BBC yang hadir pada saat itu. Maka, nama Bali Blogger Community (BBC), sebagai nama komunitas blogger Bali pun disetujui.

Meski sudah resmi bernama BBC sejak 11 November 2007, launching BBC baru dibuat pada 11 Januari 2008 di Popo Danes Art Veranda Denpasar. Dihadiri sekitar 80 anggota, launching ini mengeluarkan Manifesto Blogger Bali yang pada dasarnya adalah bahwa hadirnya BBC adalah sebagai bagian dari menolak keseragaman informasi.

Anggota
Lalu apa itu blogger Bali? Ada dua kata kunci: blogger dan Bali. Kalau blogger kan jelas, orang yang punya blog alias catatan personal secara online. Lha kalau Bali, itu kan nama yang luas. Dia bisa berarti sebuah geografis alias lokasi. Artinya blogger yang tinggal di Bali. Tapi dia bisa juga bisa biologis. Misalnya orang Bali tapi tinggal di luar Bali. Atau bisa pula hal ketiga, hubungan emosional alias psikologis.

Untuk kategori geografis, relatif gampang. Artinya siapa saja yang tinggal di Bali dan punya blog maka bisa mendaftar sebagai anggota BBC. Demikian pula biologis. Selama berdarah Bali, maka di mana pun blogger itu bisa mendaftar sebagai anggota.

Tapi bagaimana dengan ikatan psikologis. Ini dia masalahnya. Sebagai tujuan wisata internasional, Bali kan tidak hanya milik orang Bali. Banyak sekali orang yang menjadikan Bali sebagai ‘rumah kedua’. Maka, tiap orang yang tertarik pada Bali dan mau jadi anggota ya boleh saja.

Keanggotaan BBC sangat terbuka. Belum ada sistem baku misalnya mendaftar dulu lalu disetujui atau tidak. Mereka yang tertarik untuk mendaftar hanya ikut melalui milis, hanya ini satu-satunya mekanisme yang ada untuk saat ini. Namun tetap saja tidak semua orang yang mendaftar melalui milis kemudian otomatis diterima. Syaratnya ya tetap mengacu ke tiga kriteris di atas: geografis, biologis, dan psikologis. Paling penting, tentu saja, punya blog!

Jadilah anggota BBC ini sangat beragam. Selain identitasnya, juga pekerjaan dan lokasi tinggalnya saat ini.

Dari latar belakang, anggota BBC bermacam-macam. Ada ibu rumah tangga, kartunis, web designer, ahli Teknologi Informasi (TI), jurnalis, pekerja pariwisata, aktivis LSM, dosen, pegawai negeri, mahasiswa, dokter, dan lain-lain.

I Made Cock Wirawan, salah satu anggota BBC sehari-hari bekerja sebagai dokter. Maka, pemilik blogdokter.net ini pun rajin menulis masalah-masalah terkait kesehatan selain tentang TI. Oleh sesama anggota BBC, dr Cock ini pun sering dijuluki sebagai dokter blog karena memang rajin juga berbagi ilmu pada sesama anggota BBC.

Contoh lain anggota BBC adalah Sherly, yang kini sedang menempuh studi untuk gelar doktor di Liverpool University, Liverpool, Inggris. Sayangnya, pemilik blog sherly.co.nr ini sangat jarang, atau malah tidak pernah nongol di lalu lintas milis ataupun kopdar. Dan anggota pasif semacam ini di BBC memang lumayan banyak.

Sebab, memang banyak pula anggota BBC yang tinggal di luar negeri. Misalnya Made Suardana yang kini tinggal dan bekerja di Kepulauan Karibia. Pemilik blog devari.org ini adalah salah satu anggota BBC yang rajin menulis masalah Bali secara kritis. Alumni Universitas Udayana (Unud) Bali ini juga rajin menulis hal-hal terkait pekerjaan di bidang kapal pesiar, seperti yang dia lakukan saat ini.

Masih banyak anggota BBC dengan latar belakang masing-masing yang unik. Made Andi, dosen di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta; Made Eka, mahasiswa S2 Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB); Putu Hendra Brawijaya, web designer freelance di Bali; Wayan Suardana, aktivis mahasiswa yang pernah dipenjara selama enam bulan karena pembakaran foto presiden; dan seterusnya.

Karena beda latar belakang dan pemikiran ini pula, maka sangat sering terjadi diskusi panas di milis terutama untuk isu-isu aktual. Sayangnya sih, panasnya milis ini justru tidak seimbang dengan kegiatan BBC yang relatif sepi dibanding komunitas blogger kota lain.

Kegiatan
Hingga umurnya yang menginjak bulan ketujuh sejak resmi berdiri, BBC masih sangat sedikit melakukan kegiatan. Itu pun lebih banyak bersifat internal. Yap, tentu saja kopdar adalah kegiatan rutin itu. Kumpul rutin ini dibuat setidaknya dua bulan sekali. Di luar itu sih ada saja dalam skala kecil-kecilan.

Kegiatan BBC yang bersifat keluar hanya dilakukan dua kali yaitu pelatihan ngeblog untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unud dan diskusi terkait Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dua kegiatan tersebut dilakukan pada bulan yang sama, Mei lalu.

Padahal, sebenarnya para anggota BBC punya prestasi yang tergolong keren di bidang blogging. Sekadar contoh adalah Luh De Suriyani, wartawan lepas dan ibu rumah tangga di Denpasar. Januari lalu, ibu satu anak ini meraih juara pertama tingkat nasional dalam lomba blog tentang kondom yang diadakan oleh DKT, perusahaan kondom berkantor di Thailand.

Selain itu, Naknik, komunitas anak-anak SD dan SMP di pinggiran Denpasar juga meraih juara pertama untuk kategori SMP dalam lomba blog global warming yang diadakan oleh WWF.

Namun, prestasi yang paling keren di antara sekian prestasi anggota BBC bisa jadi adalah lolosnya Nyoman Winardi dalam Google Summer Camp 2008 ini. Winardi, anggota BBC yang saat ini menempuh studi S2 di Pittsburgh University Amerika Serikat adalah satu dari dua orang Indonesia yang lolos dalam ajang bergengsi tingkat internasional itu.

Tapi ya itu tadi, prestasi-prestasi tersebut lebih bersifat personal. Belum ada prestasi keren yang dibuat BBC sebagai sebuah komunitas. Sampai saat ini, komunitas ini memang lebih banyak berdiskusi dibanding aksi. Ini yang masih jadi pekerjaan ke depan.. [end]

alamat website: http://baliblogger.org
alamat mailing list: Bali Blogger Yahoo Groups

*** (antonemus)

7 Comments
  • Antiblogger
    August 6, 2008

    Biarkan mati saja…

    ReplyReply

    [Reply]

  • windra
    August 6, 2008

    selamat atas perjalanan panjang nya untuk BBC, saran saya coba buat acara sosial untuk komunitas anda jadi bukan hanya kopdar,hura-hura saja. Mungkin bakti sosial pas untuk itu.

    @ atas : Chicken banget gak berani nunjukin link !!

    ReplyReply

    [Reply]

  • devari
    August 6, 2008

    bubarkan BBC lalu bentuk BBC Perjuangan 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • imcw
    August 7, 2008

    Eh, nama saya salah seharusnya I Made Cock Wirawan. 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • dipoetraz
    August 7, 2008

    biasa itu boss, pelan2 dulu, maklumkanlah…
    pokoke pelan-pelan asal selamat… 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • antonemus
    August 7, 2008

    @ antiblogger: cuma berani teriak tanpa menyebut identitas jelas. hmmm, what a chicken!! 😀

    @ windra: agustus ini kami berencana bikin bakti sosial di rumah sakit jiwa. eh, tidak terlalu rame jg komen2nya. :((

    @ devari: hmm, jangan sampailah. urusin yg ini saja empot2an, gimana kalo smp bikin yg baru. *kok aku serius sekali ya? 🙂

    @ imcw: sudah diganti, dok. thx koreksinya.

    @ dipoetraz: hehe, pantes saja negara kita ga maju2. cari alasan terus. 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • erickningrat
    August 11, 2008

    coba saia tinggal di bali 😉

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *