Silakan Iri pada AngingMammiri

25 , , Permalink 0
Feeling saja, sih. Ketika aku lihat dua cewek datang, lewat di depanku sambil pegang HP lalu HPku bergetar, aku menyapanya dengan tangan. Dan, ah, ternyata benar. Inilah dua perempuan dari AngingMammiri (AM), komunitas blogger Makassar. Salah satunya, Ina si Pecandu (warna) Ungu alias Purpleholic, satu-satunya blogger yang aku kenal lewat dunia maya ini sebelumnya.

Maka, kopdar sama teman-teman AM pun berlangsung di anjungan pantai Losari, Makassar petang tadi. Ada sekitar 10 teman dari AM yang ikut. Ina, Unga, Iqko, Mus, Ntan, Anhie, Made, Syahril, dan Ary.

Tempat kopdarnya asik, meski duduknya agak berantakan. Soalnya kami duduk di semacam tangga kecil di bawah tugu kapal. Oya, sepertinya kapal memang jadi ikon kota Makassar. Kali karena orang-orang Makassar terkenal sebagai pelaut ulung.

Balik ke tempat kopdar. Sekitar satu jam sebelum ketemuan, aku sudah sampai tempat ini sama Eki, teman lain di kota ini. Sengaja lebih awal untuk menikmati sunset di pantai tersohor Makassar ini. Tapi aku telat sedikit. Matahari pas sudah hampir habis ditelan batas antara langit dan laut ketika aku sampai. Tapi ya, masih ada sisa-sisa matahari dan warna jingga.

Dan, asli, sunset selalu keren di mataku. Begitu juga di sini. Pantainya rame banget. Anjungan ini luasnya mungkin sama dengan lapangan bola. Banyak orang sekadar poto-poto bernarsis ria, duduk-duduk, mancing, atau naik bebek-bebekan ke tengah laut sana.

Pantai Losari jadi melting point buanyak orang meski sudah petang, bahkan, larut malam. Inilah yang bikin iri. Makassar punya tempat asik untuk nongkrong. Tidak seperti Denpasar yang, meskipun daerah wisata, tapi tidak ada tempat umum buat nongkrong hingga malam. Ya, Denpasar memang punya lapangan Renon dan lapangan Puputan Badung. Tapi dua tempat ini hanya pas buat jalan-jalan kalau sore. Kalau malam di sana gelap dan kurang asik buat tempat nongkrong.

Beda banget dengan pantai Losari. Ini tempat yang sengaja didesain untuk tempat bertemunya banyak orang. Maka, tepatlah kalau anak-anak AM ngajak ketemuan di sini.

Petang itu kami ngobrol di antara lalu lalang banyak orang di pantai petang itu. Sesekali, satu dua anak jalanan nodong bahkan agak maksa minta uang, rokok, atau bahkan minuman. Hmm, anak-anak jalanan ini lumayan banyak juga di pantai ini.

Bahan obrolan selama sekitar satu jam itu beragam. Karena AM adalah salah satu komunitas blogger tertua di Indonesia dan punya buanyak banget kegiatan asik, jadi ya aku yang lebih banyak tanya soal AM.

Dan, aha, inilah yang bikin iri. AM memang keren. Dibandingkan BBC, AM jauh lebih bergerak maju. Dinamis. Tidak cuma ribut di milis, seperti halnya BBC. πŸ™ Anggota AM sekitar 400 blogger. Kegiatan AM seabrek. Saat ini mereka lagi bikin buku kumpulan cerita gokil. Hrrrrr, what a gokil idea..

Bikin buku hanya salah satu. AM juga bikin bedah buku, pelatihan ngeblog. Buanyaklah. Cek aja di blognya AM. πŸ™‚

Selain kegiatan, hal lain yang bikin iri dari AM adalah soal girl power. Hoho! Ini yang aku selalu saludos sama teman-teman dari Makassar. Perempuannya selalu punya peran. Tidak hanya sejajar dengan laki-laki. Mereka bahkan melebihi. Makanya pada masa masih aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI), ada plesetan bahwa AJI Makassar itu singkatan dari Aliansi Jamaah Islamiyah. Soalnya anggota dan pengurus AJI Makassar buanyak banget perempuannya, dan hamper semua pake jilbab.

Begitu juga AM. Sepertinya, para pembesarnya banyakan cewek.

Sayangnya sih aku belum bisa banyak belajar dari mereka. Kopdarnya agak buru-buru. Soalnya aku juga harus cepet-cepet balik sama teman-teman dari IKON Bali, yang sudah selesai belanja. Jadi ya endingnya agak garing. Setelah poto-poto, langsung cabut.

Ya sudahlah. Kapan-kapan lagi kita ketemu. Matur tengkiu, teman-teman AM. Kapan-kapan silakan berbagi ilmu ke Bali. Kami tunggu..

25 Comments
  • unga
    June 18, 2008

    hooo.. unga berkun-jung xi2

    ReplyReply

    [Reply]

  • Ina
    June 18, 2008

    Makasih dah mau kopdar bersama kami di Makassar. Maaf penyambutannya cuma ala kadarnya aja. Mo disewain marching band dah nga kburu. :mrgreen:

    Next time..kl ke Makassar lagi. Jangan kapok kopdar lagi ya, Bli’.

    *tarik2 unga pulang*

    πŸ˜†

    ReplyReply

    [Reply]

  • Ally
    June 18, 2008

    Huah…
    Ally ga ikut kopdar
    Soalnya dah duluan ada janji nonton Kung Fu Panda

    Salam kenal
    *wave*

    ReplyReply

    [Reply]

  • Yanuar
    June 18, 2008

    doohhh… udah lama nggak maen kesini.
    ternyata pakde ke makasar toh…
    oleh-olehnya mas…

    ReplyReply

    [Reply]

  • okanegara
    June 18, 2008

    iya yah.kerennn…jadi ingat temen-temen e-loen yang sudah bikin 3 buah buku

    ReplyReply

    [Reply]

  • Rita
    June 18, 2008

    Kapan nih ke Sorowako? ditunggu loh bli (tulisannya bener gak ya hikss)

    ReplyReply

    [Reply]

  • Ersis Warmansyah Abbas
    June 18, 2008

    Selamat ya … jadi pingin ke Makasar, sudah lima tahun ngak ke sana euy …

    ReplyReply

    [Reply]

  • devari
    June 19, 2008

    Tidak cuma ribut di milis, seperti halnya BBC πŸ™
    —————————————-

    wakakak jaje kak ne.
    mudah2an bli anton bisa membawa hal2 baru dari AM untuk ditularkan di BBC sehingga BBC tidak menjadi sekedar cuma ribut di milis alias NATO

    ReplyReply

    [Reply]

  • imcw
    June 19, 2008

    Yang bikin ribut di milis adalah isu isu yang sensitif seperti masalah politik misalnya. Tapi bagaimana pun kita pasti bisa kesana asal ada kemauan dari semua pihak.

    ReplyReply

    [Reply]

  • Gelandangan
    June 19, 2008

    jangan kapok beli klo kemakassar πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • erickningrat
    June 19, 2008

    pengen maen ke makasar ,nostalgia :mrgreen:

    ReplyReply

    [Reply]

  • wira
    June 19, 2008

    kalo gitu, ayo para girl di BBC, maju, biar bisa saingan dengan AM, hehehehe

    ReplyReply

    [Reply]

  • n t a n
    June 19, 2008

    aih aih.. sudah ada laporannya
    ^^
    senang bisa kopdar bareng bli Anton
    maap kalo ada hal-hal yang tidak berkenan
    begitulah kopdar di AM
    ngobrol ndak ada juntrungannya
    hehehee..

    πŸ˜‰

    ReplyReply

    [Reply]

  • ikecek
    June 19, 2008

    skrinsutnya mana?
    jalan-jalan tanpa skrinsut adalah palsu…
    jegeg-jegeg cewe ditu bli? bungkus nak e abe mulih sik…

    ReplyReply

    [Reply]

  • Adieska
    June 19, 2008

    Wah… Asik banget ya… Jadi pingin kopdar. Tapi ama siapa. Wkwkwkwkwkwk πŸ˜€

    *nyasar kesini dari blognya ina*

    Oiya… skrinsutnya malah di blognya ina yang lengkap amir πŸ˜›

    ReplyReply

    [Reply]

  • ridu
    June 19, 2008

    wew.. kurang sempurna kalo gak ada skrinsut..

    kata cK, semua yang gak ada skrinsut itu bambang™ mrgreen:

    ReplyReply

    [Reply]

  • bunda
    June 20, 2008

    *mengibarkan bendera putih

    tanda sedih ta diajak ke makassar dan sedih do nothing *memperpanjang kampanye worldsilentday*

    ReplyReply

    [Reply]

  • bunda
    June 20, 2008

    TETAPI,

    Klarifikasi ya: ribut di milis toh bagus, karena milis jadi ada dinamikanya. masa orang posting sesuatu trus ga dikomentari. ngapain ber-milis ria kalo gitu? aku salut ma beberapa teman BBC yang aktif urun rembug di milis (misal ancak, nengah sumerta, gendo, ramayadi, dll).

    trus, soal NATO. banyak yang punya ide tapi malu (males?) mengeksekusi. ini juga bagian dari proses. kaya orang pacaran. malu-pegangan tangan-ciuman-orgasme
    yah, tunggu saatnya BBC ntar orgasme. *bingung ngebayanginnya. hehe

    ReplyReply

    [Reply]

  • didut
    June 21, 2008

    hehe~ kayaknya kalo komunitas gak ‘ribut’ di milis tuh kurang afdol bli πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • aprilia gayatri
    June 24, 2008

    wah waaah Mas Anton ni berkunjung kemanapun pasti menyempatkan kopdar dengan komunitas blogger setempat… πŸ˜†
    jadi makin punya banyak link donk

    “Ribut di Milis seperti BBC”
    hohoho… emang masih pada ribut ya? ribut apa lagi tuh? ada topik baru kah? πŸ˜€

    kalau Batagor (Bandung Kota Blogger)
    tanggal 29 Juni nanti mau ada “bebersih Bandung” nyuu kerja bakti

    salam,
    Aprilia G

    ReplyReply

    [Reply]

  • antonemus
    June 30, 2008

    @ unga: anton menjawab kunjungan. hihihi..

    @ ina: kopdar selanjutnya di bali saja. aku yg jd tuan rumah. πŸ™‚

    @ ally: gpapa. kopon alias kopi online saja dl. πŸ™‚

    @ yanuar: pak de, oleh2nya di rumah. ga bs dikirim lewat imel soale. πŸ™‚

    @ okanegara: jd kapan kita bikin buku?

    @ rita: kapan2 aja, mba. nunggu tiket gratis ke sana. πŸ˜€

    @ ersis: trus kapan ke bali?

    @ devari: ditunggu agustus bli. kita bikin yg jelas2 gen. πŸ™‚

    @ imcw: sepakat. kalau mau pasti bisa. tp siapa yg memulai? :))

    @ gelandangan: tentu saja tidak selama ada ikan bakar paottere. πŸ˜€

    @ erickningrat: nostalgia sama ina? πŸ™‚

    @ wira: walaaah, laki2nya sama saja. πŸ™‚

    @ ntan: makasih sambitannya selama di sana ya.

    @ ikecek: cantikan septi. santai gen..

    @ adieska: kopi online aja. gpp.

    @ ridu: sudah ada. hore..

    @ bunda: sepakat, bu. justru ribut di milis adalah salah satu bukti kalau milis itu hidup. mmuah!

    @ didut: yoih..

    @ april: waah, titip salam aja buat tmn2 batagor.

    ReplyReply

    [Reply]

  • ghozan
    June 30, 2008

    waduh kopdar lagi… waaaaa gak pernah ngikut kopdar neh….

    ReplyReply

    [Reply]

  • Mus_
    July 24, 2008

    haduhh… saya telat bacanya. :))

    Makasih sudah ke makassar, dan nulis testimonial buat Angingmammiri. ^^

    Boleh ngga’ tulisan ini saya muat di situs portal Angingmammiri?
    Dan sekedar saya sharing dengan teman-teman di milis blogger makassar?

    Boleh?

    Makasih sekali lagi.

    ReplyReply

    [Reply]

  • bisot
    July 25, 2008

    Saya iri, krn gak bisa kopdar huaaaaaaa hikz

    ReplyReply

    [Reply]

  • Mus_
    July 26, 2008

    sudah, bli.

    silakan diliat.
    angingmammiri.org

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *