Selamat Datang Dua Stasiun TV Baru

55 No tags Permalink 0
Aha, akhirnya siaran juga. Malam ini aku lihat Jimbarwana TV sudah siaran di UHF 51. Di pojok kanannya masih ada tulisan Siaran Percobaan. Tapi meski masih percobaan, siarannya oke juga. Pas aku nonton pukul 19.30an tadi acaranya Indonesian Hits. Ada Slank, Repvblik, dan Kangen (ehm!).

Kelar lagu mellow dari Kangen Band ganti acara Ilen-Ilen. Tidak terlalu jelas soal apa acara ini. Pas aku nonton sih ada Lolak dan Bogler (?) lagi nglawak di pentas. Mirip acara Agustusan. Lawakannya asik. Setidaknya bisa mengimbangi Extravaganza di Tran TV. Cuma ya namanya TV punya Pemkab Jembrana, jadi ya isinya sebagian nyanjung-nyanjung bupati Jembrana Gede Winasa. Jimbarwana TV memang punya Pemkab Jembrana yang sekarang dipimpin bupati Gede Winasa.

Di saluran lain, 49 UHF, Dewata TV pun sudah nongol. Meski masih berupa garis vertikal warna-warni (apa sih namanya itu?) tapi setidaknya Dewata TV sudah memperlihatkan bahwa dia memang akan segera siaran.

Ketika aku wawancara dengan Direktur Utama Dewata TV I Nyoman Artha Februari lalu, dia bilang Dewata TV yang berkantor di Jl Hayam Wuruk Tanjung Bungkak Denpasar itu akan mengudara pada Juni 2007 bersamaan dengan Pesta Kesenian Bali. Namun sampai saat ini Dewata TV toh belum mengudara juga. Meski tidak tegas bilang, Artha memang menyiratkan kalau Bali TV salah satu pihak yang menghambat lahirnya TV-TV baru di Bali. Padahal selain Dewata TV juga akan ada Alam TV dan Bali Music Channel.

-Soal politik Kelompok Bali Post (KMB) menjegal kehadiran TV-TV baru ini ntar aja deh aku posting tersendiri. Kebetulan aku pernah bikin riset bantuin Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) soal monopoli informasi di Bali oleh KMB-.

Malam ini aku pantas bersuka cita atas adanya dua stasiun TV baru di Bali. Setidaknya itu memberi pilihan baru bagi penonton TV di Bali. Sebab Bali TV selama ini sudah terlalu hegemonik di Bali.

Maka, selamat datang Jimbarwana TV dan Dewata TV. Semoga bisa memberi suara lain dari Bali.

55 Comments
  • baliazura
    November 27, 2007

    ya..semoga saja acaranya lebih menghibur dan beritanya tidak terlalu berpihak.
    di tunggu postingan soal monopoli informasi di Bali oleh KMB

    [Reply]

  • antonemus
    November 28, 2007

    beritanya pasti memihak jg. cuma ya semoga tidak separah Bali TV. :)) posting monopoli ala Bali Post itu, sabar ya..

    [Reply]

  • adi
    November 28, 2007

    bali blogger TV kapan siaran ? 🙂

    [Reply]

  • antonemus
    November 28, 2007

    nunggu pak adi jd mantu satria naradha. :p

    [Reply]

  • wira
    November 29, 2007

    selamat deh buat keduanya, semoga tv yg baru ini tidak ikut2an tv nasional yg kebanyakan menyiarkan sinetron, cape deh…

    [Reply]

  • pushandaka
    November 30, 2007

    Nambah stasiun tv?
    Udah tambah banyak orang kaya ya, di bali?
    Tapi okelah kalo buat alternatif hiburan dan informasi. Paling gak, orang bali sekarang bisa melihat suatu masalah dari beberapa sisi.

    [Reply]

  • antonemus
    December 2, 2007

    @ wira: semoga jg tidak kebanyakan nayangin berita iklan kayak TV lokal yang sudah ada. 🙂

    @ pushandaka: wah, jelas makin banyak. makanya makin banyak TV dan koran.

    [Reply]

  • wira
    December 3, 2007

    #pushandaka
    hotel, villa juga tambah banyak..
    brarti orang kaya tambah banyak di bali, tp sayang itu bukan orang bali. orang bali ya tetap cuman jadi buruh di tanah sendiri 🙁

    [Reply]

  • Yoga
    December 4, 2007

    Wah gitu donk bali. Makin maju dalam menyiarkan siaran lewat stasiun pertelevisian. Aku dukung deh. Btw, kalo ada kesempatan boleh gabung nih……; )

    [Reply]

  • balibuddy
    December 5, 2007

    nunggu kapan alam bali Tv siaran,ikut mendoakan!

    [Reply]

  • antonemus
    December 5, 2007

    @ wira: dan makin banyak juga yang tetep saja dg mudah jual tanahnya. sedih jadinya.

    @ yoga: silakan. semoga lolos.

    @ balibuddy: katanya jg dijegal oleh stasiun TV lokal yg sudah ada, bli. apalagi pendiri Alam TV orang2 yg pernah kerja di TV itu. jd ya makin jelas saingannya.

    [Reply]

  • Boentaro
    December 6, 2007

    Jaman sekarang susah cari yang independen..

    harapan baru buat Dewata Tv, semoga bisa benar-benar independen, seperti kata Pak Kt Sumarta “sang Wakil Direktur” bakalan berdiri diatas pusaran.

    Untuk Jimbarwana TV, mohon maaf, sekali lagi maaf..arahnya kentara sekali itu hanya untuk kepentingan Bali 1 di tahun 2008…dan yang sudah ada sebelumnya sarat aroma monopoli

    Semoga arus kebebasan pers saat ini tidak kemudian menjadikan meninggalkan tentang hakikat dan fungsi pers itu sendiri, mengungkap fakta dan alat kontrol nonparlementer…bukan menjadi alat monopoli dan kepentingan perseorangan..

    Semoga

    [Reply]

  • marebangun
    December 7, 2007

    Stasiun TV yang baik seharusnya bisa mendidik,mencerahkan dan menghibur masyarakat, untuk TV nasional kebetulan tyang hanya suka nonton MetroTV,

    [Reply]

  • antonemus
    December 7, 2007

    @ boentaro: ketut sumarta bukannya pemred dewata TV ya? masa sih dia wakil dirut? wah, hebat tenan yo. thx infonya..

    soal jimbarwana TV. tidak perlu minta maaf utk sesuatu yg memang benar. ga bakal masuk neraka kok. :))

    @ marebangun: saya suka Trans TV krn poin yg terakhir itu: menghibur..

    [Reply]

  • DYTA
    December 12, 2007

    BUAT DEWATA TV SOMOGA SUKSES DECH….

    [Reply]

  • Nak Jembrana
    December 12, 2007

    Sebagai anak jembrana tyang merasa malu. Mestinya bisa mendidik masyarakat, tapi acara tipi di daerah tyang malah ….hiks, sedih. Pesan buat yang diatas: “sudahlah pak, jangan membodohi masyarakat spt itu lagi”.

    [Reply]

  • I Nyoman Tedung
    December 13, 2007

    Selamat atas mengudaranya Dewata TV,saya punya saran,sebaiknya Dewata TV menayang iklan-iklan yang berkaitan dengan Iklan khususnya lowongan pekerjaan,karena dengan ini masyarakat akan lebih bisa mendapatkan informasi,tujuanya tidak ada lain adalah mengurangi penganguran.mudah-mudahan ini bisa di lakuakan,thank’s

    tedung,banda,blahbatuh.

    [Reply]

  • ananda
    December 15, 2007

    pengen deh ngelamar jadi penyiar di dewata tv…
    tapi gimana caranya ya?

    [Reply]

  • Dewede
    December 17, 2007

    selamat atas mengudaranya Dewata TV, semoga dapat menjadi inpirasi bagi Rakyat Bali, mohon agar siarannya jangan terlalu monotone, dan kalo bisa siaran cenk blonk -nya bisa diperlama,
    karna siaran cenk blonk cocok untuk semua kalangan,

    Thank’s

    [Reply]

  • mathey
    December 17, 2007

    SELAMAT ATAS MENGUDARANYA DEWATA TV DAN JIMBARWANA TV!!!

    BALITV TAKUT ADA PESAING! HA HA HA HA

    DEWATA TV DAN JIMBARWANA TV JANGAN SAMPAI JADI STASIUN SIARAN PERCOBAAN YAAAAAAAAAAAAAAAAA………………..

    [Reply]

  • wiracandra
    December 18, 2007

    selamat atas kehadiran dewata tv, saya sangat senang sekali karena sekarang di Bali sudah ada tiga statsiun TV yang sudah siap memajukan potensi dan kreativitas masyarakat bali baik dimata nasional dan international. saya juga berharap semoga kedepan dewata tv terus bisa menjaga nama baik pulau dewata yang kita cintai bersama ini.

    [Reply]

  • wiracandra
    December 18, 2007

    selamat dan sukses selalu untuk dewata TV. semoga selalu untuk memajukan potensi Bali.

    [Reply]

  • dexrit
    December 18, 2007

    Selamat atas tayangnya Dewata Tv dan Jimbarwana TV, Semoga dapat memberikan tayangan yg mampu mengayomi masyarakat dan membuat melek pada para pemirsanya, serta mampu memberikan informasi yg berguna bagu masyarakat baik dibidang IPTEK Ataupun bidang yg lainnya.
    pokokne tayangannya jangan matah deh kayak pendahulunya itu………..
    semoga Bali kita selalu mendapat lindungan Ida Hyang Widhi.

    [Reply]

  • Nanda
    December 18, 2007

    Buat Nak Jembrana, jangan negatif thinkhing dgn Jimbarwana TV, tonton dulu siarannya…

    [Reply]

  • wiracandra
    December 19, 2007

    Dewata TV tolong juga diharapkan mampu ikut serta dalam mengembangkan potensi daerah yang terpencil. Saya sangat yakin daerah tersebut khususnya di Bali memiliki potensi yang unik yang sangat cocok untuk dikembangkan akan tetapi belum terjamah oleh tangan-tangan yang kretif!salah satu contohnya adalah beberapa daerah di Kabupaten karangasem yaitu sidemen, muncan, dsb. Selain itu, di Daerah Klungkung juga ada yakni Nusa Penida Dan Nusa Ceningan. Untuk Jimbarwana TV jangan hanya menayangkan kreativitas dan potensi Kabupaten Jembrana saja.Karena saya yakin tujuan pembentukan Jimbarwana TV bukan hanya untuk memajukan Jembrana tetapi untuk memajukan Bali.thx

    [Reply]

  • sunarta
    December 20, 2007

    selamat ja buat dewata tv semoga biasa menjadi sumber informasi bagi masyarakat bali. saranya semoga acaranya mengangkat masalah masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat bali dan tidak memihak antara yang ber-uang banyak dan yang kurang mampu. sukses dehh!!!!!!!!!

    [Reply]

  • Gung Aji Anya
    December 20, 2007

    Wah… semakin banyak TV lokal, semakin asik. Moga semakin banyak kebudayaan lokal yang bisa diexplor sehingga kita semakin banyak tahu.

    [Reply]

  • kadek utari
    December 20, 2007

    Rahajeng kemanten buat Dewata TV…
    Semoga bisa menampilkan acara-acara yang berpotensi bagi masyarakat Bali khususnya.
    Good luck aja deh….

    [Reply]

  • E'ant Singaraja
    December 23, 2007

    Sukses gen…. Ingetang Acarane ane luhung luhung… nahh…..

    Singaraja menunggu….

    [Reply]

  • Tia
    December 25, 2007

    Selamat atas mengudaranya ke dua stasiun tv baru, kalau boleh saran semoga acaranya lebih kreatif, fresh, dan siaran atau beritanya gak di ulang2 ya….

    [Reply]

  • semu_sanja
    January 4, 2008

    Semoga Dewata TV bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak muda Bali untuk Bebas berkreasi dan berprestasi tanpa sekat Wangsa , Soroh, Backing Penggede, Rohaniawan yang maksudnya Lucu tapi bikin makita matiin TV … Wahai Dewata TV bawa kami semakin khusuk beragama tapi dengan bahasa yang santun tanpa harus menghujat, mengejek dsb… Meliat kreatifitas dua TV baru ini sepertinya ” GOOD BYE BALI TV “

    [Reply]

  • Pasek @PA Singaraja)
    January 6, 2008

    Selamat buat Dewata TV, semoga tidak mengedepankan berita-berita yang bersifat komersiil melulu. GOOD BYE FOR BALI TV

    [Reply]

  • Pasek @PA Singaraja)
    January 6, 2008

    Selamat buat Dewata TV, semoga tidak mengedepankan berita-berita yang bersifat komersiil melulu. GOOD BYE FOR BALI TV

    [Reply]

  • Pasek @PA Singaraja)
    January 6, 2008

    Selamat buat Dewata TV, semoga tidak mengedepankan berita-berita yang bersifat komersiil melulu. GOOD BYE FOR BALI TV

    [Reply]

  • PARTAYADNYA
    January 7, 2008

    selamat ya…..untuk jimbarwana tv sy sebagai putra daerah sangat bangga

    [Reply]

  • DEWA PARTAYADNYA
    January 7, 2008

    selamat atas mengudaranya jimbarwana tv saya bangga menjadi putra daerah oke bangeeeettttttt

    [Reply]

  • rara mahewara
    January 8, 2008

    Selamat buat Dewata TV dan Jimbarwana Tv. Yang jelas jadikan acaranya disukai sama semua kalangan. Jangan mengkotak kotak kan golongan tertentu, karena Bali komunitas yang universal. Itu kalau nggak mau kehilangan pemirsanya. Jangan kaya Tv yang udah ada itu. Katrok banget deh! Milih lagunya juga seleksi dong…………jangan asal dapet duit aja! Cari lagu Bali yang berkualitas, biar bisa go national dulu. Masak kalah sama lagu daerah lainya…. Kita punya aset lho, orang bali khan sudah terkenal art nya di mata dunia! So………lets do it!!

    [Reply]

  • dodix
    January 9, 2008

    DewataTV alamat lengkapnya dimana yah?, music chanel sdh lama gosipnya tapi kok ya ngga nongol2???

    [Reply]

  • adi elyas akbar
    January 11, 2008

    aku mau tanya,tentang alamat lengkapnya dewata tv?please yaaaaaa

    [Reply]

  • agus
    January 17, 2008

    sukses buat dewata tv semoga jaya terus dan mudah-mudahan komitmennya tidak berubah dalam mengangkat kearifan budaya lokal.
    Variatif dong siarannnya….!!! koq gitu melulu dan apa sih permasalahaannya gak berani full siaran alias maju mundur, apakah kekurangan modal nihhh…

    [Reply]

  • wayan
    January 18, 2008

    dari coment yg saya baca sepertinya banyak jg yang blom tau. saya coba jelaskan sedikit, untuk mendirikan suatu stasiun televisi itu tdk mudah harus melaui prosedur2 yang tlh ditentukan salah satunya adalah MODAL. selain itu manajemen jg harus jelas dan masih banyak lagi syarat2 yg hrs dipenuhi.untuk dewata tv sebenarnya blom punya ijin untuk mengudara,krn msh ada syarat yg blom terpenuhi.tp dewata tv tetap melakukan siaran, itu adalah pelanggaran dan dewata tv telah melakukannya.selain itu yg saya dengar terjadinya penggelembungan modal(pembohongan modal) yg tdk sesuai dengan keadaan yg sebenarnya. kemudian jg manajemen yg kacau. untuk shooting saja kru dewata tv msh ada yang naek motor.seandainya terjadi kecelakaan(terjatuh dari mtr) kan kasian kamera yang harganya mahal bisa rusak?? jd untuk dewata tv sebaiknya kaji ulang kembali.apakah anda sudah memenuhi syarat untuk mengudara? janganlah melakukan pelanggaran,apa jadinya jika lembaga yang nantinya diharapakan bisa dijadikan panutan untuk masyarakat Bali justru tidak disiplin dan melakukan pelanggaran? oke maju terus pertelevisan lokal bali mudah2an kedepan tidak ada lagi stasiun tv yang melakukan pelanggaran..

    [Reply]

  • ianbali
    February 4, 2008

    tipi baru?, acaranya jangan terlalu memihak ke satu sisi ya….. tolong di share di lain point, di sini kan bukan 1 pihak doank (kayak itutuh…).

    tapi tetep, tipi paporit ku youtube.com ;))

    [Reply]

  • Boentaro
    February 9, 2008

    Ha..ha..

    Wah pak wayan detail banget informasinya…sampai tahu “dalemannya”.. Pak wayan ini eks karyawan Dewata TV, anggota KPI, atau “karyawan pesaing”????? salut deh untuk pak wayan..tapi idealnya kalau mempunyai visi yang jelas demi kemajuan bali dalam segala aspek mengapa mesti dihambat (termasuk perijinan red)????

    Semua pasti tidak ada yang sempurna, semua pun sudah berkontribusi (baik positif maupun negatif) bagi Bali.. Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru….

    Damai & Sukses Selalu…

    [Reply]

  • bejo
    February 27, 2008

    Kelompok Bali Post (KMB) sucks !

    [Reply]

  • PANMUNTIG
    March 10, 2008

    Buat Nak Jembrana…
    Malu ya???….sama…!!

    [Reply]

  • panmuntig
    March 11, 2008

    Nak Jembrana malu ya….? …sama…

    [Reply]

  • ngurah
    June 29, 2008

    semoga sukses dewata tv tambah terus pentas dewatana yang serem2 gitu calonarang yang heboh undang tu seluruh pakar leak dibali. untuk bali tv jangan arogan mo menang sendiri trus perhatiin kesejahteraan karyawanna ok SALAM DEWATA, TETAPLAH BERPIKIR MERDEKA

    [Reply]

  • ngurah
    June 29, 2008

    untuk JIMBARWANA bikin TV jangan setengah2 kapan bisa bersaing. eh klo bole tau kalo PAK KUMIS kalah pilgub pa jimbarwana jalan terus????????????????????? semangat terus biar semakin tenggelam kakak tua kita……..

    [Reply]

  • LASKAR DEWATA
    June 29, 2008

    pak wayan jangan gitu donk saya tau siapa kamu jadi hati2 klo dijalan taj serempet u macem2 u saya ini LASKAR DEWATA jadi berhati2lah u

    [Reply]

  • LASKAR DEWATA
    June 29, 2008

    jadi bagi temen2 FPD ( FRONT PEMBELA DEWATA ) kita perangi pak wayan OK…….. HIDUP DEWATA JAGA BUDAYA BALI *SIKAT PAK WAYAN*

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *