Jadi, Sudahkah Anda Pilih BaleBengong Hari Ini?

0 , Permalink 0

Vote BaleBengong 001

Kabar baik kembali datang untuk BaleBengong.

Awal April lalu, tiba-tiba ada informasi dari Twitter Deutsche Welle bahwa media jurnalisme warga ini masuk sebagai kandidat gerakan online terbaik internasional (The BOBs).

Mengejutkan.

Kami sebagai pengelola tidak pernah merasa mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat dalam ajang penghargaan gerakan online terbaik tingkat internasional. Tahu-tahu media ini masuk sebagai salah satu nominee. Ya senanglah.

Media non-profit yang kami kelola secara suka rela ini ternyata kembali bisa mendapat pengakuan di tingkat internasional. Apalagi karena bersanding sekaligus bersaing dengan gerakan-gerakan keren dari negara lain.

Sekadar contoh di kategori jurnalisme warga ada website Tax Returns, gerakan untuk mendigitalkan dan menganalisis dokumen pajak pegawai negeri di Ukraina. Ada pula Vahid Online dari Iran yang aktif menggunakan channel di Telegram untuk berbagi informasi di tengah ketatnya kontrol terhadap informasi di negara mara Mullah tersebut.

Contoh-contoh lain di kategori jurnalisme warga tak kalah kerennya. News Watch dari Turki. El Turbion dari Kolombia. Agencia Publica dari Brazil. Semua punya ciri sama, menggunakan media online dan partisipasi warga untuk mengawasi negara ataupun publik.

Jadi ya banggalah BaleBengong bisa masuk di antara media-media laternatif keren itu.

Jurnalisme warga hanya salah satu kategori. Ada kategori lain, seperti Tech for Good, Art and Culture, Social Change, dan pilihan terbaik dari tiap negara. Dari Indonesia, selain BaleBengong juga ada Internet Sehat, Watch Doc, dan Rumah Pemilu.

Melihat keren-kerennya nominasi lain, jadi ya tak soal kalau kemudian tidak menang di penghargaan tersebut. Sudah masuk saja kami sudah senang. Setidaknya itu bisa menambah pengakuan bahwa media jurnalisme warga ini bisa bersuara. Tak hanya di Bali atau nasional tapi juga tingkat dunia.

Sebelumnya, kami juga pernah mendapat penghargaan dari CFI Media untuk beasiswa liputan tentang perubahan iklim, dari Pemkot Denpasar sebagai media dan penerbitan, dari Klik Hati sebagai satu dari lima finalis, sebagai embedded blogger bagi Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton, dan lain-lain.

Biar makin joss, jangan lupa bantu vote media kebanggan kita bersama ini. Caranya dengan buka The BOBS.com, login dengan akun media sosial (bisa Facebook dan Twitter secara bergantian), cari kategori citizen journalism, pilih BaleBengong, dan VOTE!

Satu suara Anda, apalagi kalau tiap hari memilihnya. Pasti lebih joss gandoss..

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.