Menemukan Solusi Ketika Macet Install Yosemite

0 , , Permalink 0

yosemite

Setelah lebih dari 24 jam, ternyata install Yosemite itu belum juga selesai.

Aku makin khawatir. Ini pasti ada masalah. Sudah install sejak kemarin pagi namun hingga lebih dari 24 jam kemudian, operation system (OS) terbaru untuk Mac ini belum juga selesai.

Tumben saja sih. Selama-lamanya intsall OS, masak sampai 24 jam belum juga kelar.

Sehari sebelumnya, aku iseng saja  install Yosemite. Upgrade dari OS sebelumnya, Maverick ke OS baru ini.

Cara install Yosemite ini sebenarnya mudah. Tinggal buka App Store, terus klik Upgrade. Perlu waktu sekitar satu jam untuk mengunduh OS baru sebesar sekitar 5 GB ini. Tapi lancar saja pas unduh dari Internet.

Begitu pula saat Install. Kalau tak salah hanya sekitar 30 menit.

Masalah justru muncul begitu restart setelah install. Entah kenapa tanda booting setelah restart ini mandek di tengah. Persis hanya di tengah bagian bawah logo Apple.

Semula aku pikir hanya karena memang lama bootingnya. Karena banyak aplikasi dan data di laptopku. Aku pun menunggu dengan manisnya.

Tapi, setelah menunggu sekitar lima jam, tanda bar booting itu masih saja hanya setengah. Aku mulai khawatir. Maka, aku pun mencari kata kunci “Install Yosemite Stuck”. Eh, ternyata banyak kasus serupa. Kirain cuma aku yang mengalami.

Aku cari-cari informasi di sana, memang biasa kalau macet saat restart begitu. Ada yang 24 jam lebih atau malah sampai tiga hari. Aku agak lega. Berarti tak apa. Mungkin setelah 24 jam akan selesai.

Beberapa informasi menyebutkan boleh saja dimatiin paksa. Habis itu akan kembali restart seperti biasa dengan Yosemite sudah terpasang. Aku agak khawatir untuk melakukannya. Khawatir nanti data hilang karena aku belum back up.

Malam itu aku tidur dengan harapan masalah akan selesai esok paginya. Eh, pas aku cek keesokan harinya, ternyata masih booting! Wasyu. Aku mulai panik. Cari-cari informasi lagi, nemu saran yang sama. Biarkan atau matikan paksa.

Aku masih sabar menunggu. Hingga lebih dari lima jam kemudian dan belum selesai booting, maka aku pun mematikan paksa dengan pasrah. Sudah siap-siap jika booting gagal dan datanya hilang.

Aku biarkan dulu laptop mati selama sekitar lima jam. Baru kemudian aku hidupkan lagi. Walah. Ternyata mau. Dia booting seperti biasa. Layaknya tak ada masalah sama sekali. Yosemite pun sudah terpasang!

Begitu semua sudah terbuka, aku mulai lihat-lihat data di laptop. Khawatir ada yang hilang. Ternyata tidak sama sekali. Semua aman. Data masih ada seperti sedia kala. Ah, senangnya..

Jadi, begitulah pelajarannya. Besok-besok kalau install Yosemite dan macet saat restart setelah install, matikan paksa saja. Pengalamanku sih semua baik-baik saja.

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.