Tulisan Berkurang, Kegiatan Bertambah

Ini sekaligus semacam refleksi, meskipun terlambat, tentang blogging ataupun kegiatan Bali Blogger Community (BBC) selama tahun 2009. Sebab tema ini pula yang kami diskusikan pada siaran di Radio Bali FM, Minggu malam kemarin. Siaran bertema Refleksi Blogging di Tahun 2009 tersebut merupakan siaran perdana di tahun 2010.

Aku ikut siaran semalam bersama dr Oka Negara dan Winarto. Januari ini merupakan bulan keempat sejak siaran perdana pada 4 Oktober lalu. Wah, tak terasa. Ternyata sudah empat bulan BBC siaran di Bali FM tiap Minggu malam.

Soal refleksi blogging pada tahun 2009, aku melihat memang terjadinya penurunan drastis dari segi jumlah tulisan teman-teman blogger di Bali. Ini bisa langsung dilihat dari beberapa blog anggota BBC. Misalnya, salah satu pesohor di BBC, Saylow. Jarak antara tulisan terakhir dengan tulisan sebelumnya hingga 6 Januari lalu sampai satu bulan lebih.

Lalu coba cek blog Pak De Yanuar, salah satu suhu dan moderator milis BBC. Ternyata jarak tulisan terakhir dengan tulisan sebelumnya juga sampai berbulan-bulan. Malah tulisan paling atas di blognya hingga saat ini dibuat awal Desember lalu. Itu pun cuma satu foto dengan tulisan tiga paragraf.

Mari cek blog yang lain: Aprian, Gus Tulank, Nyoman Baliun, Bowo, dan seterusnya. Rata-rata blog mereka tidak diperbarui selama Desember. Apri malah sudah sejak April tahun lalu. Keliatan kan malesnya. πŸ˜€

Begitu pula aku. Secara umum aku merasa semangat untuk ngeblog memang jauh berkurang. Padahal dulunya, sesibuk apa pun, aku selalu menyempatkan untuk memperbarui tulisan di blog. Tahun 2009, sepertinya jadi tahun terburuk dalam hal semangat ngeblog. Tahun ini sepertinya akan lebih parah.

Aku tidak tahu pasti. Tapi sekilas memang aku lihat bahwa semangat untuk ngeblog pada banyak blogger sudah berkurang. Kambing hitamnya selalu sama, Facebook!

Alasan ini masuk akal. Sebab salah satu fungsi blog pada awalnya memang untuk jejaring sosial juga selain untuk berbagi ide ataupun pengalaman. Dulunya orang berbagi kabar lewat blog. Nah, fungsi itu sekarang sudah digantikan oleh Facebook. Atau bisa juga oleh layanan microblogging seperti Twitter.

Contoh-contoh pada blogger di atas mungkin mewakili situasi umum dunia persilatan blog setahun lalu.

Meski demikian, ada juga pengecualian. Sebagian blogger anggota BBC justru sangat rajin ngeblog. Blogger yang masuk dalam kelompok ini antara lain Pande Baik dan Wira Utama, yang hampir tiap hari menambah materi blognya. Selain dua pegawai negeri sipil (PNS) ini, blogger lain yang masih rajin ngeblog adalah Eka, Agung, dan Winarto sendiri.

Toh, bagiku, secara umum dunia blog tetep lebih sepi dibanding satu atau dua tahun lalu.

Menariknya, meski jumlah tulisan jauh berkurang, kegiatan BBC justru makin banyak tahun lalu. Melihat pada daftar kegiatan BBC di grup Facebook, setidaknya ada 16 kali kegiatan. Aku lupa satu per satu. Tapi di antaranya adalah Taun Baruan dan Bakti Sosial di Nusa Lembongan, Pitulasan di Panti Jompo Wana Seraya, Pameran dan Donor Darah di Kuta Karnival, Lomba Blog Kuta Karnival, sampai acara paling keren di BBC, Berbagi Tak Pernah Rugi.

Berbagi Tak Pernah Rugi merupakan kegiatan pelatihan teknologi informasi yang diadakan untuk berbagai komunitas di Bali. Selama tahun 2009, kegiatan ini antara lain diadakan di Sanggar Anak Tangguh di Desa Guwang, Sukawati; di Banjar Serongga, Kota Gianyar; serta untuk kalangan difabel (penyandang cacat) di Abiansemal, Badung.

Selain kegiatan yang makin banyak, jumlah anggota BBC juga terus bertambah. Di milis hingga saat ini ada 372 blogger. Yang mengejutkan, di Facebook lebih banyak lagi, 394 orang! Wah, banyak juga ya. Padahal paling banyak kalau kumpul ya 80 orang. Sisanya ke mana aja ya? πŸ™‚

Hal lain yang menarik pada tahun 2009 adalah munculnya generasi baru di BBC. Yap. Lagi-lagi ya harus menyebut nama Gung WS, Lina, dan Eka Dir. Darah-darah baru ini tak hanya pelengkap tapi juga aktif dalam kegiatan BBC. Salah dua buktinya adalah perayaan Dua Tahun BBC November lalu dan pameran di Denpasar Festival akhir tahun lalu.

Tak hanya itu. Anggota baru ini juga ternyata melahirkan pasangan baru di BBC meski juga ada beberapa pasangan yang mengakhiri hubungan mereka. Pasangan baru ini ada yang baru pacaran, ada juga yang baru melangsungkan pernikahan. Misalnya, Pak De Yanuar dan Arie serta Kojaque dan Efi. Toh, ada pula yang sudah bertahun-tahun mencari pasangan di BBC juga tak ketemu juga. πŸ™‚

Semoga, tahun ke depan akan lebih banyak kegiatan baru, wajah baru, juga… pasangan baru.

11 Comments
  • Cahya
    January 14, 2010

    Segala sesuatunya ada pasang surutnya, ga perlu terlalu dipaksakan Mas Anton πŸ˜‰

    ReplyReply

    [Reply]

  • PanDe Baik
    January 14, 2010

    Mungkin perlu ditambahkan ‘latar belakang anggota BBC yang beragam, bukankah terakhir ada Wakil Rakyat Gianyar yang ikut nimbrung ? hehehe…
    Saya pribadi tetap eksis barangkali karena masalah waktu (lagi2 alasan yang masih sama dgn sebelumnya), ketimbang bengong dikantor, apalagi dah slesai studinya. Tapi Jujur saja yang namanya jenuh itu ada kok. Kadang kok malah sperti dikejar deadline, padahal dah berusaha update 2-3 hari sekali yang malahan membuat materi atau isi BLoG jadi monoton, kurang menggigit.
    Seperti kata Cahya, mungkin nanti juga kembali semangatnya…

    ReplyReply

    [Reply]

  • Winarto
    January 14, 2010

    Di kalimat paling akhir, semoga saya dapat pasangan baru πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • Agung Pushandaka
    January 14, 2010

    Semua memang ada masanya. Tapi, ibarat roda pedati yang terus berputar, aku yakin blogging akan menemukan lagi masanya. Seperti puber kedua gitu deh. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • .gungws
    January 14, 2010

    sepertinya tidak ikhlas menulis nama kami..hihihi..

    sedang tugas di dunia nyata…padahal semangat nulis dan ngedit foto sedang membara..

    ReplyReply

    [Reply]

  • imadewira
    January 15, 2010

    saya sebenarnya tidak terlalu sepakat Facebook dijadikan “kambing hitam”, mungkin itu memang salah satunya, tapi menurut saya blogger2 yang jarang menulis tersebut lebih karena ada kesibukan lain yang lebih “menguntungkan” dibanding ngeblog. Just my opinion..

    ReplyReply

    [Reply]

  • eka dirgantara
    January 15, 2010

    wah mulai mencari kaderisasi yah…

    ReplyReply

    [Reply]

  • Deddy
    January 15, 2010

    saya masih tetep semangat nulis kok. cuma belum sempet ngumpul bareng anak2 BBC πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • aprian
    January 16, 2010

    Aku ga tahu ni, jd kehilangan rasa utk nulis … tsahh. Kadang ada ide, tp pas depan laptop jd lupa semua. Sekarang mau nyoba rajin lagi ngeblog, mudah2an “rasa”nya bisa ktemu lagi dan malesnya jg berkurang heheheh.

    ReplyReply

    [Reply]

  • Arif Nofiyanto
    January 16, 2010

    yuhuuuuuuuuuuuuu juragane blogger….
    smoga tetep rajin nulis πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • kojaque
    January 17, 2010

    iya noq..sekarang sayah jarang kopdar en ikut kegiatan kalian, apalagi ngeblog…

    revolusi 2010…blog more, tweet less πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *