the beat | interview | Bali Blogger Community

17 , , , , Permalink 0
Ini wawancara dengan Dedi Kristian dari majalah the beat seminggu lalu. Semoga tidak soal karena dimuat di blog ini. Gapapa kan, Ded. Hehe..

So, Bali Blogger Community, sejak kapan terlahir?
? BBC lahir sejak 11 November 2007.

Berapa jumlah anggota yang terdaftar, dari kalangan mana saja?
? sampai hari ini 239 orang di mailing list (milis) -tapi ketika masukin di blog ini ternyata udah 240. Hampir tiap minggu ada penambahan anggota di milis. Selain itu ada beberapa anggota lain yang tidak ikut milis BBC tapi memasang banner sebagai anggota BBC. Jadi ya, sekitar 250 orang lah.

Anggotanya aneka rupa. Ada dosen, dokter, mahasiswa, ibu rumah tangga, wartawan, desainer, praktisi IT, web developer, aktivis LSM, pekerja pariwisata, sampe anggota pasukan penjaga perdamaian di afrika, dan buanyak lagi yang lainnya. Mereka tersebar tak hanya di bali tp juga kota, negara, atau bahkan negara lain.

Rata2, isi blog kalian apa saja?
? rata-rata personal blog. Jadi ya sesuai dengan selera masing-masing. Ada yang tentang kesehatan reproduksi, ada yang soal jurnalisme dan kelompok masyarakat kecil, ada yang tentang teknologi informasi, ada yang soal bali, dan seterusnya. Intinya, sangat beragam.

Tell us apa ada the most creative / interesting / weird / extreme blog ada di komunitas ini?
? wah, banyak. Ada blog bajak laut milik orang bali yang bekerja di kepulauan karibia, ada blog milik seleblogosfere bali bernama selo longor, dan seterusnya.

For most of you, efek psikologis dari blogging itu apa saja, ada negatifnya?
? buatku pribadi sih untuk perayaan atas kebebasan informasi dan berpendapat oleh orang-orang biasa. Informasi yang selama ini dimonopoli oleh media umum, kini makin bisa disampaikan oleh siapa saja. Di blog kita bisa menulis apa saja tentang apa saja dengan cara apa saja. Tidak ada aturan selain dirimu sendiri. Ini kan common sense saja.

Mungkin karena kebebasannya ini pula, maka blogging bisa jadi seperti dewa janus, bermata dua. Bisa jadi positif, bisa jadi negatif. Tergantung siapa yg menggunakannya. Tapi so far sih aku liat lebih banyak kok yg positif. Ada satu dua blogger do like a chicken shit by write anonymous just to insult another people or faith. But, sekali lagi, ini satu dalam seribu menurutku.

Blog dengan kebebasan yg dia miliki memang tidak bisa terima begitu saja. Perlu ada filter tersendiri. Kalau tidak dari pembaca, biasanya dari komunitasnya.

Ada yang bilang blogging adalah satu terapi, koneksinya terhadap individu dimana?
? ah, absolutely yes! Bagi sebagian orang yang introvert, blog adalah media untuk berekspresi dengan caranya sendiri. Biasanya orang itu agak “gagu” bicara secara langsung. Tapi dia bisa sangat lancar kalau nulis di blog. Blogger itu jd extrovert lewat blognya.

Koneksinya terhadap individu? Let’s see. Sebelumnya informasi yg kita peroleh hanya lewat media arus utama seperti tv, koran, portal berita, dst. But now it become old way. Dunia bergerak tak lagi dua arah tapi multiarah. Individu yang sebelumnya hanya konsumen kini bisa jadi produsen jg. Maka individu kini bisa dibaca, bukan hanya membaca.

Ternyata “Hari Blogger” itu ada ya, 27 Oktober? Bagaimana sejarah terpilih tanggal itu?
? itu mulainya sejak setahun lalu. Pas 27 oktober 2007 itu ada Pesta Blogger untuk pertama kali di Jakarta. Pesertanya sekitar 500 orang. Bisa dibilang inilah kopdar akbar blogger indonesia yg pertama kali. Selain jumlah juga kualitas pertemuannya. Sampe menteri komunikasi dan informasi pun hadir di pesta blogger itu. Makanya tanggal itu ditetapkan sebagai hari blogger.

Syarat untuk menjadi anggota Bali Blogger Community?
? punya blog dan punya hubungan dengan bali. Bisa tinggal di bali, berdarah bali, pernah tinggal di bali, atau sekadar cinta sama bali. Asal punya blog dan punya hubungan sama bali, mangga atuh.. joinnya lewat milis baliblogger@yahoogroups.com atau www.baliblogger.org.

Ada kode etik dalam menulis di BBC?
? tidak ada. Etika umum saja. Kalau di milis sih ada beberapa aturan umum seperti tidak boleh dengan sengaja merendahkan pribadi atau identitas orang lain dan seterusnya.

Kegiatan BBC?
? seabreg-abreg. Bisa dicek di www.baliblogger.org. Aku sebutin pencapaian yg keren saja ya. Awal bulan ini dua anggota BBC, dr Oka Negara dan Luh Putu Ikha Widari, dapat juara I dan II lomba blog PKBI Jogja tentang HIV dan AIDS. Trus pas PB November lalu, BBC masuk sebagai The Most Promising Blogger Community 2008. Lumayan lho. Soale itu berarti menyingkirkan 32 komunitas blogger lain di negeri ini. Padahal BBC umurnya baru setaun.

Beberapa kegiatan terakhir
– Megibung ala BBC. Makan malam BBC bareng lima blogger asing dan panitia Pesta Blogger November lalu.
– BBC Support Kuta Karnival Oktober lalu. Ada napak tilas sejarah kuta, workshop, dan lomba blog tentang kuta karnival
– Buka bersama anak-anak panti asuhan tat wam asi september lalu
– Agustusan dan bakti sosial buat pasien rumah sakit jiwa bangli
– Pelatihan ngeblog buat wartawan, aktivis LSM, dan masyarakat umum
– dan lain-lain

Jawab pertanyaan ini buat pembaca The Beat yang masih awam menulis. “Mengapa menulis itu nikmat?”
? karena menulis adalah bekerja untuk keabadian. Hehe.. gawat amat ya. Ya nulis saja. Soale selain buat menyimpan banyak hal tentang kita (peristiwa, ide, cerita, dst) juga bisa berbagi buat orang lain. Di blog, tidak ada yg tidak bisa. Tulislah apa saja dengan gaya apa saja. Media itu kini di tangan anda.

Shout Out from BBC
? mai ngeblog pang sing belog!

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *