Tetap (Semoga) Melawan Sambil Bersenang-senang

2 , , Permalink 0

JRX02

Anak sekira lulusan SMA itu tiba-tiba mengejar kami.

Dengan agak terengah-engah dia bertanya, “Om, di mana bisa beli kaos itu?” Dia menunjuk kaos yang dipakai Zaki, ponakanku. Kaos Bali Tolak Reklamasi.

“Di kantor Walhi Bali,” jawabku.

Sekitar 10 menit sebelumnya, kami memang membeli kaos tersebut di kantor Walhi di Jl Dewi Madri Denpasar. Niat kami membeli sih. Tapi, apa daya, kami kemudian dapat tiga kaos gratis. Selain Zaki juga ada Nova dan Farah. Inilah enaknya punya teman aktivis.

Oke, balik soal kaos itu tadi. Si anak yang bertanya itu mengaku dari Malang. Dia lagi liburan sekolah di Bali. Salah satunya ke Monumen Bajra Sandhi di Renon, Denpasar. Ini salah satu tempat aku mengantar tiga ponakan (Zaki, Nova, dan Farah) untuk jalan-jalan.

Si anak Malang itu niat banget untuk beli kaos Tolak Reklamasi. Katanya sudah lama dia ingin kaos tersebut. Dia melihatnya dari media sosial. Mumpung ke Bali, dia mau beli sekalian menunjukkan dukungan terhadap perlawanan terhadap rencana reklamasi di Teluk Benoa.

Aha. Perlawanan itu yang menarik.

Ternyata kampanye perjuangan Forum Bali Menolak Reklamasi (ForBali) ini memang makin dikenal luas. Salah satu ukurannya, selain melalui banyaknya aksi dan dukungan di media sosial, adalah banyaknya orang pakai kaos ForBali ini.

Anggap saja ini semacam tren perlawanan gaya baru. Hehehe… Kan asyik kalau perlawanan makin jadi populer dengan media-media ngepop seperti kaos. Tak usah ruwet mikir dengan dampaknya. Mari asyik-asyik aja dengan melihat simbol-simbol perlawanan yang kian banyak di jalanan.

Kan asyik kalau kemudian simbol perlawanan juga bisa disebar dan dipakai banyak orang. Atau malah jadi oleh-oleh dari Bali.

Bayangkan kalau kemudian kaos Bali Tolak Reklamasi menjadi ikon baru dari Bali. Mengalahkan kaos bergambar bir Bintang ataupun kaos kata-kata Joger.

Jadi, tak lengkap kalau turis ke Bali tidak beli kaos Tolak Reklamasi. Setelah itu mereka bisa mejeng bergaya selfie sambil update status, “Eh, ini lho gue udah ke Bali dan ikut menolak reklamasi..”

Soal dampak, sekali lagi, itu urusan belakangan. Sekarang, mari melawan sambil bersenang-senang.

Jadi, sudah beli dan pakai kaos Tolak Reklamasi belum?

2 Comments
  • akhmad z akabr
    October 6, 2014

    bole tanya ga, saya jauh2 dari mojokerto jatim datang kebali… mendukung sekali tolak reklamasi bali(teluk benoa)
    dan ingin membeli kaos #bali tolak reklamasi .
    bisa mendapatkannya dimana y
    soalnya saya uda dijalan dewi madri
    tapi sampai sekarang belum ketemu tempatnya

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    halo akhmad, lokasi di jl dewi madri iv no 2. dari arah renon di kiri jalan setelah ada sekolah. masuk aja gang itu nanti di kiri ada rumah dg papan tulisan walhi di depannya.

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *