Teknik Memotret dengan Ponsel Pintar

3 , , Permalink 0

citizen reporterBagi pewarta warga, ponsel pintar adalah senjata utama.

Dengan ponsel ini, warga bisa merekam hal-hal menarik di sekitarnya. Saat ini, semua ponsel pintar, dari yang paling canggih dan mahal hingga yang tiruan dan murah, pasti dilengkapi kamera.

Kualitas gambar dari ponsel pintar secara umum pun tidak kalah atau bahkan lebih bagus dibanding kamera SLR.

Dibandingkan kamera SLR, ponsel pintar justru memiliki beberapa kelebihan. Misalnya mudah untuk dibawa, praktis penggunaannya, dan gampang untuk langsung menyebarluaskan hasilnya. Atau Anda bahkan bisa memotret diam-diam tanpa harus terlihat mencolok jika pakai ponsel pintar.

Ternyata ponsel pintar tak hanya senjata tapi juga bisa jadi alat bagi mata-mata. Ponsel pintar bisa digunakan untuk menghasilkan foto jurnalistik yang lebih bercerita.

Agar hasil foto jurnalistik itu lebih bagus lagi, berikut adalah beberapa panduan sederhana bagaimana membuat foto berkualitas dengan ponsel pintar Anda.

PESAN UTAMA. Pastikan pesan utama yang ingin Anda sampaikan dalam foto. Makin jelas pesan yang ingin disampaikan maka makin mudah bagi Anda untuk memasukkan dalam foto.

BUATLAH AGAR HIDUP. Agar foto terlihat lebih hidup, masukkan unsur-unsur yang hidup dalam foto tersebut. Misalnya manusia, kucing, anjing, dan lain-lain. Jika memotret manusia (potret), usahakan agar objek ekspresinya juga lebih hidup. Daripada objek hanya diam mematung, tentu lebih baik kalau dia melakukan aktivitas tertentu.

ATUR KOMPOSISI. Secara alamiah, mata manusia lebih nyaman melihat sesuatu yang mendatar daripada vertikal. Karena itu, foto mendatar pun lebih nyaman dilihat daripada foto vertikal. Dalam foto horisontal, objek yang masuk pun bisa lebih banyak.

DIAM. Kamera dari ponsel pintar memiliki kelemahan dalam menangkap objek bergerak (cepat). Karena itu, memotret sesuatu yang diam akan lebih mudah daripada objek bergerak. Benda yang diam atau bergerak lambat akan terlihat lebih jelas sedangkan objek bergerak akan terlihat agak kabur terutama jika dia bergerak cepat.

MANFAATKAN CAHAYA. Sebagian besar ponsel pintar tidak dilengkapi dengan lampu (blitz). Karena itu pencahayaannya sangat tergantung cahaya di sekitarnya. Usahakan ketika memotret, posisi Anda sama dengan arah datangnya cahaya. Misalnya Anda memotret di luar ruangan pada pagi hari, maka sebaiknya Anda dari timur.

GUNAKAN BINGKAI. Agar foto lebih cantik, gunakanlah “bingkai” di sekitar tempat objek foto. Bingkai (frame) ini bisa berupa jendela, cabang-cabang pohon, lingkaran, dan lain-lain. Foto yang dibingkai akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Jadi, masih bingung bagaimana menghasilkan foto bagus dengan ponsel?

Tidak usah pusing. Ambil ponsel pintar Anda sekarang juga, rekam hal-hal menarik di sekitar Anda, lalu sebarkan melalui dunia maya. Maka, Anda sudah menjadi pewarta warga. Anda sudah memproduksi informasi sendiri tak hanya mengonsumsi.

Ingat, Anda adalah informasi itu sendiri. No neuus without u!

3 Comments
  • alafasy
    December 6, 2013

    saya menyukai pembhasan ini? sangat bermanfaat tanks ya?

    ReplyReply

    [Reply]

  • pandebaik
    January 4, 2014

    tambahan, agar tidak sampai kehilangan momen, ada baiknya aplikasi kamera pada ponsel dibuatkan shortcutnya dihalaman paling depan/utama…

    ReplyReply

    [Reply]

  • All
    May 25, 2014

    satu lagi agar kualitas foto lebih bermutu gunakan aja camera 360, download aja link nya?

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *