Sudah Dicuri, Dipermalukan Lagi

10 , Permalink 0

Ketika pertama kali dikasih tahu Lode, istriku, aku tak terlalu peduli. “Kok bisa sih kamu pakai RBT BCL,” katanya. RBT singkatan dari ring back tone, nada tunggu yang terdengar si penelpon jika dia menelpon kita. Kalau RBT normal yang terdengar adalah suara panjang, tuuut, maka dengan adanya RBT tersebut suaranya akan berganti.

Adapun BCL singkatan dari Bunga Citra Lestari, model yang juga penyanyi dan artis sinetron. Sukses jadi bintang shitnetron, eh, sinetron, BCL kemudian ikut menyanyi dengan lagu yang bertema sendu. Kecantikan BCL sih memang jelas masuk selera semua orang. Tapi lagunya, aduh, nanti dulu. Aku jelas tidak suka dengan lagu-lagunya.

Pernah sih aku sekali daftar RBT pakai lagu Tak Gendong. Waktu itu ikutan selain karena ingin mencoba RBT juga sekalian bentuk simpati setelah Mbah Surip, pencipta dan penyanyi lagu tersebut, meninggal. Tapi setelah sebulan berlangganan, aku berhenti pakai RBT tersebut.

Eh, lha ini kok tiba-tiba ada RBT BCL di teleponku. Aku tidak pernah daftar RBT lagi setelah lagu Tak Gendong itu. Apalagi daftar RBT lagu BCL. Makanya pas Lode bilang pertama, aku gak terlalu yakin.

Namun ketika Bu Yuli, pimpinan di kantor, menelpon aku baru yakin. “Kok melankolis banget sih RBTnya. Beli di mana biar dapat lagunya BCL,” katanya. Waduh. Tentu saja ini memalukan aku. Masak aku langganan RBT BCL. Kalau Rhoma Irama sih masih mending. 🙂

Setelah telepon dari Bu Yuli itu, aku kemudian memastikan lagi. Aku minta Gus Tulank untuk menelponku. Kami duduk bersebelahan. Dan, ya ampun, RBT di ponselku memang lagunya BCL yang aku pun tak tahu apa judulnya. Malah aku baru dengar lagu itu ya dari RBT tersebut.

Inilah anehnya. Aku tidak pernah daftar RBT tersebut. Lha ini kok tiba-tiba ada RBT tersebut di ponselku. Kok bisa?

RBT ini tidaklah gratis. Menurut situs resmi XL, karena aku menggunakan kartu XL, biaya RBT yang berlaku selama satu bulan tersebut Rp 5.500 belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Caranya dengan memotong saldo pelanggan. Kalau kemudian aku tiba-tiba punya RBT, berarti pulsaku sudah dicolong sama XL. Tentu saja nyolong. Lha wong aku gak pernah daftar kok tiba-tiba bisa dapat RBT.

Parahnya lagi ya itu tadi. Lagunya BCL pula. Kalau dapat RBT dengan lagu keren seperti Efek Rumah Kaca atau Marjinal sih oke-oke saja. Lha ini masak dapat lagunya BCL yang menye-menye gak jelas itu.

Pertanyaannya, kok bisa-bisanya XL nyolong dan memalukan pelanggan seenaknya?

Ilustrasi diambil dari sini.

10 Comments
  • regina
    January 17, 2010

    hahha…kayaknya au tautuch lagunya…judulnya “karena ku cinta kau..” selamet ya mas … hehehehe…ga kebayang orang sekaliber mas anton punya RBT begituan…:)

    ReplyReply

    [Reply]

  • leev
    January 17, 2010

    Iya nih aq juga tiba-tiba jadi ada RBT, BCL pula! Jujur aja, aq gak terlalu seneng lagu indo, apalagi lagu yg ini, kesel banget kan jadinya. Udah aq cancel sih, cuma kan bayar juga. Tapi aq pikir-pikir lagi, yah mending sih daripada lapor-lapor XL lagi, ngabis-ngabisin pulsa.

    Baru selesai cancel, aq telpon emak aq, tau apa yg terjadi?………….RBT BCL lagi astagaaaa…………padahal aq tau emak aq g denger lagu indo juga, langsung d aq suruh cancel tuh RBT.

    Sebenernya XL napa sih?? RBT BCL nya gak laku-laku ato gimana?? masak semua orang dipaksa pake RBT?? kalian juga coba deh cek RBT kalian……

    ReplyReply

    [Reply]

  • tukang ojeg
    January 17, 2010

    kayaknya bukan sampeyan aja kena kasus gini..banyak pelanggan xl lainnya kok 😉

    tapi yaitu…kok BCL 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • imadewira
    January 17, 2010

    saya juga pake XL, belum pernah kejadian kayak gini sih.. cuma dulu ada juga kejadian yang bikin saya mencoba komplain ke XL, ceritain dikit ya?

    kalau tidak salah dulu XL pernah membuat promo nelpon gratis dari malem sampe pagi hari, dan kebetulan juga ada fasilitas untuk hidden nomor telepon, dan sempurna sekali untuk ngerjain orang.

    Maka jadilah saya dikerjain orang dan ditelepon malem2, kejadian bukan hanya sekali dan sudah sangat keterlaluan dengan kata2 yang tidak mengenakkan hati. Saya mencoba komplain ke XL, juga mencoba menanyakan apakah saya bisa mengetahui nomor telepon yang meneror saya. Tapi XL tidak bisa memberitahu saya dan malah menyarankan saya lapor polisi.

    Kemudian saya menanyakan bisa ndak saya memblok agar mereka yang yang hidden number itu tidak bisa menelepon saya, sayang fasilitas itu belum ada. Cape deh…

    Sorry kepanjangan pak 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

    PanDe Baik Reply:

    Sekedar Sharing Wir. Untuk beberapa tipe ponsel bisa memperlakukan hidden number itu diset jadi silent alias gak kedengaran nada dering dan dijamin tidak mengganggu. :p
    Misalnya PDA ber WinMobile milik mantan pacarmu itu atw Nokia Symbian 60. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • bogeloblast
    January 17, 2010

    mungkin karena XL berpindah tangan ya…heheheheh……..

    ReplyReply

    [Reply]

  • andyputera
    January 18, 2010

    untungnya saya gag pake RBT….pernah pake Rbt sekali katanya gratis sebulan pemakaian terus udah mau sebulan lagi langsung unreg jadi gag bayar deh wkwkwkwkkwkwkwkwkwk..

    ReplyReply

    [Reply]

  • Istrinya Novan
    January 20, 2010

    (I said di milis bbc) Itulah mas, keliatanya aja perusahaan besar…eh yg ada “nyolong” ke para pelanggan 7rb/ pelanggan di kali berapa pelanggan tuch.

    ReplyReply

    [Reply]

  • PanDe Baik
    January 28, 2010

    Kalo IM3 dan Flexi biasanya ada sms pemberitahuan yang meminta Pengguna menyetujui RBT dengan membalas sms tersebut… 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • Deddy
    February 1, 2010

    masih mending BCL, desember lalu saya dapet RBT-nya Gruvi. Sampe ditanyain orang, “Lagi ribut saya istri ya?”

    ck ck ck…

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *