Sloka dan BBC, Bersaudara Tapi Berbeda

2 , , Permalink 0

Bali Tribune memuat satu halaman penuh tentang Bali Blogger Community.

Koran harian di Denpasar ini menulis di halaman 8 edisi Kamis, 8 April 2012 lalu. Tulisan tersebut terbagi jadi empat. Pertama tentang komunitas blogger Bali yang biasa disingkat BBC ini. Tiga lainnya profil tiga anggota BBC yaitu Pande Baik, Hendra W Saputra, dan.. aku.

Tentu saja aku senang masuk koran. Terima kasih untuk Bali Tribune yang sudah membahas komunitas kami hingga satu halaman penuh. Kalau di Bali Post, mungkin kami harus bayar sampai jutaan. Untungnya ini tidak perlu bayar. Tulisannya juga asyik karena mengulas profil komunitas plus tiga anggotanya.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi dari tulisan tersebut terutama soal hubungan antara BBC, Sloka Institute, dan Bale Bengong.

Pertama, tidak benar kalau aku Direktur BBC. Aku memang termasuk salah satu penggagas komunitas ini. Namun, bukan direktur. Komunitas ini tidak punya ketua, koordinator, apalagi direktur.

Sampai sekarang sih kami sepakat bahwa BBC tetap komunitas, bukan organisasi resmi. Tak perlu struktur organisasi yang sering kali menghambat karena birokrasi. Siapa saja bisa jadi apa saja di sini. Tinggal mau aktif atau tidak. Itu saja.

Kedua, pendiri BBC bukanlah empat orang yaitu aku, Luh De Suriyani, Mercya Soesanto, dan Bodrek Arsana yang juga pendiri Sloka Institute. Pendiri BBC itu 33 blogger yang berkumpul pada 11 November 2007 di Kedai Desa Dusun, Denpasar. Dua di antara mereka itu aku dan Luh De.

Soal Sloka Institute, BBC, dan Bale Bengong ini memang sering dicampuradukkan. Padahal ketiganya berbeda meski, menurutku sih, masih bersaudara.

Kurang lebih sih begini. Sloka itu yayasan di bidang pengembangan media, jurnalisme, dan informasi. Dia resmi tercatat sebagai yayasan dan punya akte. Salah satu programnya sejak awal adalah pengelolaan Bale Bengong, blog jurnalisme warga di Bali. Nah, meski dirintis Sloka, blog ini kemudian dikelola secara kolaboratif antara Sloka Institute (dari sisi materi) dan BBC (terutama dari sisi teknis, seperti desain, programming, dst).

Salah satu alasannya bagiku karena dulu di Bale Bengong inilah kami mengumpulkan alamat blog ataupun beberapa tulisan blogger-blogger Bali yang keren dan relevan dengan Bali.

Sebagai lembaga yang mengampanyekan kebebasan informasi, Sloka Institute pun rajin kasih pelatihan tentang blog, terutama untuk kalangan masyarakat dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM). Nah, biasanya yang jadi pemateri pelatihan teman-teman anggota BBC. Sloka jadi penyelenggara, BBC sebagai pemateri.

Dalam beberapa kegiatan lain, Sloka dan BBC juga sering kali barengan. Keduanya dalam posisi sama dalam arti tidak ada yang menjadi subordinat. Ya, maklum. Semua pengurus Sloka juga anggota BBC plus rajin jadi bagian ngomporin dan ngurusin kegiatan.

Selain itu, BBC juga kadang-kadang bikin kegiatan di kantor Sloka. Secara, BBC memang tak punya tempat tetap sebagai rumah bersama atau semacamnya.

Namun, kerjasama Sloka dan BBC sama saja dengan kerjasama BBC dengan pihak mana pun. Karena itu, sekali lagi, BBC bukanlah Sloka. Keduanya memang bersaudara, tapi bukan satu entitas yang sama.

Keterangan: kliping koran diambil dari facebook Pande Baik.

2 Comments
  • irahakim
    April 16, 2012

    Anton & Luh De hebat! ga surut langkahnya dari jurnalisme, rasanya indah nian jurnalisme dalam romantisme dipadukan, hehehe 🙂 Tak apa berbeda, asalkan selalu serasa, sehati dan selangkah tujuannya 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • PanDe Baik
    April 16, 2012

    Yang aku gag habis pikir, kenapa wawancandanya mengarah ke saia ? bukan kamerad lainnya yang jujur saja punya banyak andil di BBC… *jadi malu juga kalo liat dua Senior yang sudah mapan dari blog 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *