Selamat Hari Blogger, Indonesia..

9 , , , Permalink 0
Talkshow di TV One pagi tadi mengingatkanku. Hari ini, Senin ini (27/10) ternyata Hari Blogger Nasional. Sejarah Hari Blogger Nasional berawal setahun lalu, 27 Oktober 2007. Saat itu sekitar 500 blogger bertemu di Jakarta dalam Pesta Blogger yang untuk pertama kali diadakan. Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Muhammad Nuh yang hadir saat itu kemudian memutuskan tanggal itu sebagai Hari Blogger.

Maka, hari ini pun kembali diperingati sebagai Hari Blogger. TV One menjadikan hari ini sebagai cantolan untuk membuat dialog pagi dalam Apa Kabar Indonesia. Ada Enda Nasution, yang diberi predikat sebagai Bapak Blogger Indonesi; Angelina Sondakh, anggota DPR yang juga blogger; serta orang dari Depkominfo yang aku lupa namanya.

Tema blogging membuatku jadi serius nonton TV pagi-pagi itu. Obrolan dipandu dua presenter itu tidak terlalu jelas mengarah ke mana. Kadang soal pengertian blog, lalu tiba-tiba meloncat ke perlunya kode etik blogger. Satu penelpon malah berkomentar kalau blog juga digunakan untuk menyebarkan paham komunisme. Entah apa relevansinya. Kalau toh iya lalu kenapa?

But, tetap saja menarik. Sebagai sebuah dunia baru, blog memang cepat mendapat pehatian. Apalagi sampai punya hari khusus di Indonesia, wah, itu prestasi luar biasa. Makanya aku jadi heran ketika mengikuti diskusi di TV One pagi ini. Di bagian bawah layar TV tertulis, kurang lebih begini, “Perlukah Kode Etik Blogger?”

Aneh saja tema itu. Banyak hal yang lebih bisa dieksplorasi dari posisi blog di negara ini. Bagiku, paling muluk sih dia sebagai salah satu suara alternatif di negara ini. Kalau sebelumnya media yang berperan besar untuk menjadi suara kritis, maka ketika media sudah terlalu dikuasai iklan, mungkin blog bisa jadi salah satu jawaban. Itu fungsi blog yang paling muluk bagiku.

Bagi orang lain fungsi blog yang lain mungkin sebagai hobi, alat terapi, popularitas, cari duit, cari jodoh, dan seterusnya. Intinya, banyak sudut pandang yang bisa dipake untuk membahas soal blog, terkait Hari Blog Nasional. Lha ini kok malah temanya soal perlu tidaknya kode etik bagi blogger.

Aku pikir ini tema yang tendensius banget. Kesannya kok nafsu banget untuk mengatur-atur blogger.Seolah-olah blogger itu ancaman banget sampai harus dibuatkan kode etik.

Bagiku sih jelas tidak perlu Kode Etik untuk blogger. Pertama, karena blogger, sampai saat ini, bukanlah profesi seperti wartawan, dokter, dan semacamnya. Blogger, sebagian besar adalah hobi, bukan pekerjaan. Kalau ada orang yang hidup dari blog, bagiku adalah blogger komersial, blogger yang bertujuan untuk mencari duit.

Sekadar catatan. Aku tidak memberikan nilai tertentu pada blogger komersial. Cuma kurang pas saja kalau mereka disebut blogger profesional, seolah-olah blogger yang berangkat dari hobi lalu tidak profesional.

Kedua, karena blogger bukanlah profesi, maka tidak ada organisasi profesinya. Sekali lagi beda dengan, misalnya, dokter dan wartawan. Kode etik itu dirumuskan oleh organisasi profesi. Di kalangan wartawan misalnya ada Kode Etik Wartawan Indonesia yang disepakati oleh berbagai organisasi wartawan, termasuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang sebelumnya punya kode etik berbeda dengan Persatuan Wartawan Indonesia.

Ketiga, sudah banyak aturan yang secara tidak langsung mengatur blogger. Paling jelas sih moralitas atau budaya setempat. Atau aturan di negara ini. Common sense sajalah. Tidak mungkin tanpa alasan yang jelas lalu seorang blogger memaki-maki keyakinan atau etnis lain. Kalau toh ada yang begitu, bukankah sudah Kitab Undang-undang Hukum Pidana dan semacamnya yang bisa digunakan untuk memidanakan blogger?

But, aku kok tetap bahwa blogger tetap menggunakan media sebagai alat utama. Jadi tak perlu sampai dipidanakan kalau mereka “bersalah” karena tulisan-tulisannya. Sekali lagi tulisan cukuplah dilawan dengan tulisan. Bukan dengan ancamana tuntutan atau kurungan.

Mari tetap ngeblog dengan merdeka. Sebab karena kebebasanlah sebuah blog itu ada..

9 Comments
  • didut
    October 28, 2008

    MERDEKA!!!!

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    atau mati!!

    ReplyReply

    [Reply]

  • pande ndak baik
    October 29, 2008

    Aaaahh… gak usah itu dipikirin, Om.
    Saya kok malah jadi lebih tertarik dengan mengusulkan pada rekan-rekan BBC, untuk mendapuk Bapak Anton Muhajir menjadi ‘Bapak BLoGGer BaLi’.
    Setuju ?

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    wahaha, aku jd bapak bani gen, bli. lebih asik dibanding apa pun..

    ReplyReply

    [Reply]

  • blad
    October 29, 2008

    hehe… saya yang jelas lagi belajar jadi ‘blogger’ yang baik… 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    selamat jd blogger baik2 kalo gitu. 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • wira
    October 30, 2008

    hidup blogger…. !

    🙂

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    hidup caleg!! 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • tito
    October 28, 2009

    selamat ulang tahun indonesian blogger

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *