Rumah Blogger Indonesia yang Bikin Iri

30 , , Permalink 0

Kursi roda itu memberi suasana berbeda di ruang tamu.

Di depan kursi roda itu, empat orang sedang asyik berselancar di dunia maya Rabu malam lalu. Tiap orang duduk lesehan membuka halaman demi halaman jejaring sosial Facebook.

Ketika salah satu usai berselancar, dia beranjak naik ke kursi roda. Disetirnya kursi roda itu memasuki ruangan dalam. Dua orang masih meneruskan berselancar di situs-situs jejaring sosial. Satu masih membuka YouTube dan menikmati video-video pertandingan sepak bola.

Kursi roda. Difabel. Deretan komputer dengan koneksi internet. Temaram malam. Lantai dingin. Aku kok jadi ingat teman-teman difabel yang pernah belajar internet bersama kami juga di Bali.

Malam merambat pelan. Satu per satu orang terus berdatangan. Lalu, ruang tamu itu semakin hiruk. Namun, orang-orang itu tak berbicara dengan lisan. Mereka berbahasa dengan bahasa isyarat. Mereka tuna rungu dan wicara.

Aku mengenal rumah di jalan Apel III nomor 7 Jajar, Surakarta itu sebagai sekretariatnya Bengawan, komunitas blogger Solo. Nama tempat ini Rumah Blogger Indonesia (RBI). Namun, setelah ke sini sebulan lalu, aku baru tahu kalau rumah ini tak cuma tempat kumpul para blogger tapi juga kantor Yayasan Talenta, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang mendukung orang dengan kemampuan berbeda atau different ability (difable).

Kawan-kawan difable inilah yang malam itu memenuhi ruang tamu RBI. Begitu juga dengan Rabu malam kemarin. Mereka tak hanya berselancar di dunia maya menggunakan perangkat teknologi informasi tersebut tapi juga mengadakan pertemuan malam ini.

Malam itu ada Hassan dan Heru, dua blogger anggota Bengawan. Esoknya, saat aku ke sana lebih banyak blogger lain lagi. Ada Blontank Poer (ini teman lama sejak 2003 silam karena sama-sama anggota Aliansi Jurnalis Independen), Suryaden, Andre, Nenden, dan lain-lain.

Meski mereka lebih banyak sibuk dengan perangkat masing-masing, tetap saja asyik banget karena mereka bisa sering-sering kumpul di RBI ini.

Ketika sudah di RBI, tiap orang bebas berinternet ria karena ada koneksi internet lancar jaya milik Bengawan. Koneksi yang, menurut Blontank, disumbang gratis oleh salah satu penyedia layanan internet ini, membuat siapa saja yang berkunjung ke RBI akan betah.

Apalagi kalau obrolannya ditemani gorengan dan teh khas Kang Blontank, blontea. Dijamin gayeng segayeng-gayengnya.

Maka, RBI ini juga bikin iri. Sepertinya asyik banget kalau punya tempat nongkrong dengan koneksi internet lancar jaya serupa RBI. Enaknya lagi kalau siapa saja bisa main berkunjung kapan saja.

Di Denpasar sih kami punya Sloka Institute. Ada ruangan berukuran sekitar 8 x 4 meter. Ada juga internet yang bisa dipakai kapan saja. Cuma, ini kantor. Bukan rumah tinggal. Jadi tak bisa buka 24 jam serupa RBI.

Kami sudah mengumumkan kalau tempat ini bisa jadi Pos Informasi. Siapa saja bisa datang dan mengakses informasi, pakai komputer jinjing dan koneksi internet yang kami sediakan secara gratis, tapi tetap saja sepi. Kali karena kurang promosi.

Hal lain yang bikin iri adalah karena RBI, yang sebenarnya nebeng di Talenta, ini malah bisa jadi rumah di mana komunitas lain bisa mengakses informasi. Yah, meskipun bukanya tak jauh-jauh dari Facebook dan YouTube. Mendinganlah.

Maka, kalau ke Solo lagi, bawaanya jadi pengen mampir ke sini. Sekadar bersilaturahmi dan mengobati rasa iri atau nyeruput blontea. πŸ™‚

30 Comments
  • Wahyu Alam
    December 27, 2011

    Patut ditiru oleh semua komunitas blogger di Indonesia.
    benar-benar bikin iri. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    sepakat. idenya memang keren. ada tempat nongkrong sekaligus untuk terima tamu setiap kali ada yg berkunjung.

    ReplyReply

    [Reply]

  • sibair
    December 27, 2011

    aku ya pengen ke RBI, cuma belom sempet… πŸ™

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    aku pengen mampir TPC, tapi belum sempat juga. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • blontankpoer
    December 27, 2011

    kami, para blogger juga difabel. utamanya difabel akhlak dan moral, sebab terutama saya, kelewat nakal dan tak peduli.

    kami, blogger Bengawan juga tuna. kami tuna wisma sehingga ditampung Yayasan Talenta. maka, lengkaplah ketunaan di Jl. Apel III no 27 itu. ada tuna rungu wicara, tuna daksa dan tuna wisma dan tuna akhlak/moral. asiknya, kami berjuang melawan ketunaan itu. setuna-tunanya kami, semua ingin berguna bagi siapa saja…

    saya pun, hanya nebeng kepada Hassan, Hendri, Mursid, Andre, dan anggota Bengawan. juga nebeng pada kebaikan orang-orang di luar kami, seperti Kang Sapto, Mas Didinu, Kang Nukman Lutfi, Donny BU, Sigit Widodo, dan masih buanyak lagi… juga XL Axiata yang memberi bantuan koneksi internet serta Sammy Pangerapan/APJII yang memberi enam komputer baru kepada kami…

    semoga, RBI bermanfaat untuk siapa saja… kami ada karena mereka… terima kasih sanjungan Anton yang kelewat lebay di atas…

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    itu yg ngaku difabel moral dan akhlak tolong jangan bawa2 nama blogger ya. aku kan blogger alim dan rajin mengaji. :p

    btw, matur tengkiu utk semua kehangatannya, kang. mugo2 terus iso mampir.

    ReplyReply

    [Reply]

  • mursid
    December 27, 2011

    beberapa mas antonemus di Solo dan mampir di RBI, dan saya belum sempat ketemu dan kenalan.. πŸ™

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    hihihi. kalo gitu giliran kamu yg ke bali. biar bisa ketemu dan kenalan. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • isnuansa
    December 27, 2011

    Saya juga sudah pernah mampir RBI meski hanya beberapa puluh menit, nggak sampai hitungan jam. Sempat juga menikmati blontea, meski pemilik tehnya nggak ada. πŸ™‚

    RBI emang oye. Mudah2an nanti kalau ada rame2 di sana, undangannya bisa nyasar ke saya. :p

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    kalo tak salah tahun ini mereka akan bikin kegiatan SOLO lagi. semoga kita semua diundang dan dibayarin tiketnya. jadi bisa kopdar akbar di solo tercinta. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Dwi Wahyudi
    December 27, 2011

    Tulisan ini sangat memotivasi kami para blogger daerah pinggiran untuk dapat melakukan hal yang serupa. Memang tidak mudah diawal, akan tetapi jika diusahakan secara terus menerus Insya Allah hal diatas dapat menjadi kenyataan. Semangat Blogger Indonesia…

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    ayo. kita bikin tempat nongkrong di masing2 komunitas. kalo tak ada rumah, tenda pun jadi. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Pojok Pradna
    December 27, 2011

    hiks…bikin iri beneran,kmren ke solo tp blm bisa mampir ke sana (krn acara keluarga,ga bisa berkutik)

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    sayang banget, mas. kalo ke sana sekalian mampir sambil coba blontea. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • banyumurti.
    December 27, 2011

    Pengen belajar banyak sm temen2 RBI khususnya Pakdhe Blontank ttg bagaimana bs mengumpulkan n msinergikan jejaring yg dimiliki mjadi “kekayaan” spt RBI. Salut bt temen2 solo….

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    sebaliknya, aku pengen belajar dari banyumurti ttg bagaimana bisa jalan ke mana2 sebagai relawan TIK. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Dony Alfan
    December 27, 2011

    Asik banget ya blogger Bengawan bisa punya sekretariat, PC, sambungan internet yang kenceng

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    yoih. apalagi internetnya gratis. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • suryaden
    December 28, 2011

    komunitas blogger lainnya emang ngapain aja sih?

    ReplyReply

    [Reply]

    almascatie Reply:

    berdoa dan berusaha semoga bisa buat Rumah Blogger juga di setiap daerah πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    amiiin.. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Deddy Fahmi Priautama
    December 28, 2011

    Alhamdulillah, saya sangat senang sekali bahwa ternyata internet akses yg kami berikan kepada RBI bisa benar2 membawa manfaat utk masyarakat, khususnya para Blogger, difable, dan rekan2 semua yg menyempatkan mampir ke RBI. Tak terasa sudah lebih dari 1 tahun internet akses tsb sudah berjalan di RBI, semoga banyak karya2 yg bisa dihasilkan dengan memanfaatkan internet kami ini. Insya Allah saya akan datang ke Solo nanti di pertengahan Januari 2012 dan mampir ke RBI sambil nyeruput wedangnya mas Blontank… hehe.. πŸ™‚
    Wassalam,
    Deddy FP (GM Youth Community, XL Axiata, Tbk)

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    salam kenal, mas deddy. semoga hal serupa tak hanya di solo tp juga bisa ke bali. jadi, kapan bisa kita mulai?

    ReplyReply

    [Reply]

  • SlameTux
    December 28, 2011

    serunya kebersamaan seperti itu, jadi keinget ama nak-kanak Plat-M kalo lagi KopDar Bareng…

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    ayo kopdaaar. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Sugeng
    December 31, 2011

    Siapa yang tidak menjadi iri kalau ada tempat lain yag seirama dengan kita bisa lebih ganyeng dan rame. saya sendiripun iri dengan suasana seperti itu, bila keganyengan seperti itu isa ditemui di sekutarku ❓ . Sayang di daerahku tidak ada yang seperti itu, semoga di sloka bisa mewujudkan dan diriku bisa menjadi bagaiannya πŸ˜‰ .

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    yuk bikin rumah serupa di tabanan, mas. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • tidar
    January 14, 2012

    mantap!
    setuju kalau … postingan ini BIKIN IRI!!!!

    ReplyReply

    [Reply]

  • sinta
    July 3, 2014

    aku juga jadi iri….

    ReplyReply

    [Reply]

  • properti rumah
    July 10, 2015

    kita dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 250rbu-500rbu / blog

    post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min.

    400 kata.
    dan mencantumkan minimal 2 link ke situs yang kita

    minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun.

    yang berminat silahkan PM ke inbox
    soffian rahmat ( http://www.facebook.com/soffianrahmat1 )
    atau kirim email developerrumahku@gmail.com

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *