Purnama Kapat dan Pengajian di Masjid Agung

0 No tags Permalink 0
Malam ini bulan masih terlihat penuh. Kemaren sih Purnama Kapat dalam penanggalan Bali. Ini hari baik, meski semua hari juga baik. Pas Purnama Kapat, banyak banget pura yang ngadain Odalan -upacara enam bulan sekali dalam penanggalan Bali.

Pas di jalan ketika aku balik dari kirim laporan di internet, aku ketemu beberapa remaja habis sembahyang di pura. Masih dengan pakaian adat mereka duduk-duduk di pinggir jalan. Ada juga yang naik motor pelukan sama pasangannya. Tiap purnama, umat Hindu di Bali memang banyak yang sembahyang di Pura Jagatnatha Denpasar.

Masih di jalan yang sama, aku juga ketemu beberapa orang berjalan kaki dengan pakaian muslim. Di jalan aku juga ketemu cewek berjilbab asik memeluk pasangannya (entah pacar entah suami). Ada beberapa yang kemudian juga ku liat.

Lalu, aku baru inget. “Oya, malam ini kan ada Aa Gym pengajian di Masjid Agung Sudirman Denpasar.” Pantes banyak orang berpakaian muslim di jalan.

Purnama mendekati tengah malam. Aku merasakan benar-benar damai. Umat Hindu bersembahyang. Umat Islam pengajian. Mereka berjalan. Saling menghormati.

Lalu kenapa ada orang bunuh-bunuhan kalau kita bisa hidup berdampingan dan begitu menyenangkan?

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *