Nulis Blog dari Perangkat Bergerak

2 , Permalink 0

Tulisan ini lahir setelah membaca tulisan di Kompas Klass.

Topik tulisan Abang Edwin SA di kolom Peranti itu tentang aplikasi mobile blogging alias ngeblog sambil bergerak. Ada beberapa aplikasi untuk ngeblog sambil bergerak. Misalnya WordPress, Blogsy, dan Byword.

Dua aplikasi terakhir berbayar $5 dan $6. Adapun WordPress disediakan gratis.

Setelah baca tulisan itu, aku jadi ingat. Dulu pernah pasang aplikasi WordPress di iPhone. Sayangnya hanya install dan tak pernah pakai lagi. Penyebabnya, selalu gagal tiap kali memasukkan nama blog yang hosting dan domainnya berbayar, bukan nebeng di WordPress tersebut.

Sejak kapan itu, aplikasi WordPress di iPhone pun aku bongkar lagi.

Hari ini, setelah baca artikel tentang mobile blogging, aku coba iseng buka lagi lalu install di iPhone (lagi). Eh, ternyata tampilan WordPress di iPhone sudah berbeda. Loginnya pun lebih mudah.

Maka, dengan setengah iseng, aku masukkan  username, kata kunci, dan alamat blog. Wallaaaaa! Berhasiiiiil..

Ternyata sekarang ngeblog dari WordPress untuk iPhone sudah jauh lebih gampang. Gratis pula.

Cara install WordPress untuk iPhone ini sangat mudah. Tinggal cari di Apps Store dengan kata kunci “WordPress”. Install deh. Karena aku sudah pernah install dan kemudian dibongkar, jadi sekarang hanya tinggal unduh dari iCloud. Gampang.

Untuk nulis artikel baru pun mudah. Di dashboard ada tampilan serupa kalau di laptop atau komputer. Tinggal gunakan seperti biasa. Memasukkan foto pun tinggal tekan ikon foto. Jika pengaturan sudah mengizinkan, maka tinggal buka dan pilih foto dari album.

Sayangnya, aku belum menemukan fasilitas readmore dan mengecilkan ukuran foto ketika menulis dari aplikasi WordPress for iPhone ini.

Tak apalah. Nanti kan tinggal diperbaiki dari laptop. Toh, tampilan blog di iPhone pun sudah disesuaikan untuk di perangkat bergerak.

Semoga setelah ini tak ada lagi alasan buat malas dan menunda menulis di blog. Yuks..

2 Comments
  • PanDe Baik
    August 7, 2015

    Nice Info Mas… jadi pengen nyobain juga nih…
    Selama ini cuma ngandelin Evernote, Browser, Instagram dan Resize Image. Kalo WP di ponsel jalan dengan baik, moga aja makin lancar nulisnya. Ha…
    Btw, kalo akses blog ini via mobile (bukan website/desktop), kenapa gak nemu tombol komen atau reply ini ya ?

    ReplyReply

    [Reply]

  • gungws
    August 13, 2015

    sampai saat ini masih gagal juga mendaftarkan gung(dot)ws di wordpress mobile 🙁

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *