Menghidupkan Kembali Semangat Ngeblog

2 , Permalink 0

Website BBC

Terima kasih, Dokter Cock dan Bli Pande Baik.

Dua blogger veteran inilah yang paling sering memotivasi para anggota Bali Blogger Community (BBC) untuk tetap rajin ngeblog. Mereka melakukannya sendiri juga.

Tidak hanya terus menerus mengajak lewat grup WhatsApp BBC, dua blogger ini pun memang rajin menulis di blog mereka masing-masing. Jika baca blog keduanya di BlogDokter dan Pande Baik, hampir tiap minggu ada saja tulisan baru.

Kadang-kadang terlalu rajin juga, tapi tetap saja perlu salut ke mereka. Ketika blog sudah nyaris terlupakan, mereka terus rajin membuat tulisan. Plus ya itu tadi, rajin ngomporin di grup BBC. Biar anggota komunitas blogger ini tetap rajin ngeblog.

Upaya terbaru adalah dengan memperbaiki website BaliBlogger.org. Untuk urusan oprek mengoprek ini, tiga jagoan andalan BBC yaitu Pak De Yanuar, Mas Adi Setiawan, dan Om Hendro yang melakukan. Setelah bertahun-tahun menganggur penuh debu dan serupa rumah hantu, mulai minggu ini website resmi BBC itu kembali hidup.

Ringkasnya, website Bali Blogger dulunya adalah media untuk menampilkan kegiatan-kegiatan komunitas. Tapi, karena komunitas sendiri antara ada dan tiada, maka sepi pula kegiatannya. Begitu pula dengan medianya.

Penyebab lain telantarnya website BBC sih karena memang tidak ada yang mengelola. Bagaimana mau mengelola, orang mengurus blog sendiri saja ogahnya tiada tara.

Setelah dioprek lagi, website BBC sekarang menjadi tempat menampilkan tulisan-tulisan terbaru dari blog masing-masing. Sejauh ini jadi kelihatan lebih dinamis. Artikel-artikel baru di blog para anggota kemudian nongol di sana.

Ini kemudian jadi motivasi tersendiri. Setidaknya bagiku. Karena malu juga kalau ternyata malah tidak ada ikut meramaikan sendiri. Sejauh ini, aku lihat obrolan di grup Wasap BBC juga jadi lebih banyak soal blog lagi. Padahal, biasanya cuma soal mendepak Indra Parusha dari grup saja.

Nah, hal lebih penting setelah diperbaruinya website BaliBlogger ini adalah menjaga semangat untuk tetap ngeblog. Biar tidak hanya riuh sesaat untuk kemudian lupa lagi. Yuks..

2 Comments
  • dokterMade
    May 11, 2016

    Mantap, semoga para blogger Bali semakin rajin ngeblog karena blog gak akan pernah mati.

    ReplyReply

    [Reply]

  • PanDe Baik
    May 12, 2016

    Eh, ada yang nyebut nyebut nama saya disini.
    Kalo dilihat lagi secara kualitas Tulisan, yang @blogdokter jauh lebih konsisten isinya. Lha, saya kini cuma maki-maki aja :p

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *