Pagi di Sawah Seberang Kali

11 , , Permalink 0

Baru sekitar pukul 6.30 pagi. Tapi Wira, tetanggaku anak kelas II SD yang lagi libur sekolah hari ini, sudah berterika-teriak di depan rumah. “Ooom, jadi ke sawah kan?”

Hari Minggu lalu, aku, Bani, Wira, Wayan, dan Bondres main ke sawah pagi-pagi. Tiga anak kecil, mereka kelas I dan II SD, tetangga di gang kecil Jalan Subak Dalem Denpasar Utara itu ternyata senang bukan kepalang. Mereka nyebur sawah, mengejar bebek, cari belut, dan seterusnya.

Karena senang bukan kepalang itu, maka pagi ini mereka menagih lagi. “Ooom, semua mau ikut. Jadi ke sawah kan,” teriak Wayan juga.

“Tunggu Bani bangun ya,” kataku ke anak-anak itu. Aku keluar rumah. Walah, ternyata banyak sekali yang mau ikut. Mereka pun menunggu Bani yang memang males bangun tidur seperti ayahnya. Hehe..

Ketika akhirnya Bani bangun, pasukan pun berangkat. Memang jauh lebih banyak. Aku absen satu per satu. Gede, Putri, Wayan, Wira, Satria, Dodie, Tata, Esa, dan, tentu saja, Bani.

Kami menyeberang kali kecil di ujung gang yang memisahkan kami dengan sawah di seberang sana. Lalu, ketika sampai sawah semua girang bukan kepalang. Sebelum lanjut, aha!, ayo bersiap dulu. Bani yang pimpin barisan..

Pagi ini kami jalan-jalan saja. Tidak ada acara cari belut, yuyu, dan semacamnya. “Kayak Bolang ya,” kata anak-anak soal perjalanan pagi ini. Bolang, singkatan dari Bocah Petualang, adalah nama acara di salah satu TV swasta soal petualangan anak-anak. Bagi aku dan anak-anak ini, melali ke sawah ternyata jadi liburan asik juga di Denpasar. Sakin senengnya sampe pada loncat-loncat..

Agar ada tujuan, maka kami sepakat mencari mata air pagi itu. Kami pun menyusuri sawah sampai di ujung utara sana. Ada petani lagi nanam kangkung. Ada yang lagi nyiram bayam. Ada yang menyiangi rumput di sawah. Petani terakhir ini menolak pas anak-anak mau ikut bantuin. “Usak nyanan,” teriaknya ke anak-anak.

Ratusan hektar sawah ini dikepung rumah-rumah jauh di sana. Di sisi barat, berbatasan dengan Jalan Ahmad Yani Utara. Sisi timur berbatasan dengan Jalan Subak Dalem. Sisi selatan berbatasan dengan jalan Gatot Subroto tengah.

“Semoga nanti sawahnya tidak dijual. Biar tidak berganti rumah,” kata Gede.

Ketika jalan balik setelah ketemu dengan mata air, Bunda dan Komang datang menyusul. Enaknya lagi, Bunda bawa nasiiiii. Hore…

Maka, ending melali pagi ini adalah sarapan di gubuk reot di tengah areal sawah. Nikmat tenan..

11 Comments
  • blad
    July 31, 2008

    mas… saya koq ga diajak??. hehe… saya ga taw ada sawah nok diblakang rumah saya…. jln subak dalem aja saya ga taw dimana… heheh…

    ReplyReply

    [Reply]

  • ick
    July 31, 2008

    “bolang = BOCAH PETUALANG”
    “boling = BOCAH PALING”

    wuih makannya lahap bangets… some time kopdar disana yukz?

    ReplyReply

    [Reply]

  • kaka kiyudh
    July 31, 2008

    yaa ampuuun lucu lucu tenan yo mas yo…aku mau ikutaaaan 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • dipoetraz
    July 31, 2008

    wuiiiii….. dulu terakhir kesitu waktu masih smp, subak dalem belum ada, yang ada hanya sawah…
    jadi pengen main kesitu lagi… 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • Ady
    July 31, 2008

    Hwaaaa.. pengen ikutan…

    ReplyReply

    [Reply]

  • mohammad
    August 1, 2008

    duh, kangen sawah, kangen gunung, sungai, hutan, danau…

    ReplyReply

    [Reply]

  • didut
    August 1, 2008

    uenak *jd laper pengen sarapan*

    ReplyReply

    [Reply]

  • wira
    August 1, 2008

    omm omm, besok main lagi ya…

    ReplyReply

    [Reply]

  • nono
    August 2, 2008

    sepertinya aku ada di dekat situ…
    tapi kok ga terfoto yah…

    gimana nih…hikz…

    ReplyReply

    [Reply]

  • antonemus
    August 4, 2008

    @ blad: ayo2. kapan2 ikut kegiatannya naknik. bila perlu kamu jd gurunya. hehe..

    @ ick: kopdar di sana? waaah, pasti seru. panitianya yg rumahnya deket2 situ aja: blad, wawan, bli artana, eka, dst.

    @ kaka kiyudh: silakan, tante. kapan mau ikut?

    @ dipoetraz: udah, jangan cuma bilang pengen. ke sini aja segera. :p

    @ ady: ayoooo. jangan lupa bawa oleh2nya. 🙂

    @ mohammad: ndang mulih!

    @ didut: jangan dimakan ya monitornya. 😀

    @ wira: 😀 trnyata wira bisa ngeblog jg.

    @ nono: nah, lho. kok bisa? dimakan hantu belau kali. hihi..

    ReplyReply

    [Reply]

  • hari_bumi
    August 7, 2008

    back to nature ye….melali aja ke pedesan…sawahnya lebih luas bli…apalagi sambil melayangan….Kangen pulang kampung nich…

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *