Lambatnya Birokrasi Daftar Speedy

5 , Permalink 0

Tak seperti namanya yang berarti “dengan cepat”, layanan pendaftaran Speedy sangat lambat.

Hari ini, tepat satu bulan aku mengurus pendaftaran layanan Speedy tersebut. Pada tanggal yang sama September lalu, aku mendaftar ke Telkom Plasa Indonesia di Jalan Teuku Umar, Denpasar.

Namun, sebulan berlalu, layanan telepon tersebut tidak juga tidak terpasang. Padahal, pada saat daftar dulu, petugas bagian pelayanan (customer service) Speedy bilang pendaftaran akan segera diproses.

Tidak jelas apa masalahnya hingga sampai saat ini Speedy itu belum terpasang. Namun, aku menduga memang karena belum adanya jaringan telepon di rumah kami. Petugas Speedy waktu itu menyatakan bahwa pemasangan akan lebih lambat jika belum ada jaringan. Untuk itu, aku perlu daftar dulu.

Dia bertanya apakah sudah ada tetangga saya yang sudah pasang Speedy. Aku jawab sudah. Bu Mega, tetangga di gang memang sudah punya Speedy juga. “Oh, kalau begitu akan lebih mudah,” jawabnya.

Karena belum ada jaringan telepon tersebut, hari itu juga aku daftar di si mbak petugas ini. Aku mengisi Nota Survey berisi tanggal, keperluan, alamat, juga denah lokasi. “Minggu ini bapak akan disurvei petugas kami,” kata petugas tersebut.

Seabad
Tapi, setelah aku tunggu selama dua minggu, petugas survei itu tak kunjung tiba. Juga tak ada informasi apa pun dari Speedy atau Telkom. Padahal, aku sudah memberikan nomor telepon di sana.

Maka, aku pun kembali ke Telkom Plasa di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Setahuku, dan petugas membenarkannya, memang ke kantor inilah kalau mau daftar Speedy ataupun minta pasang telepon. Jadi, aku sudah datang ke kantor dan bagian yang tepat.

Setelah aku tanya, petugas yang kali ini cowok, memberikan jawaban yang sama tak jelasnya dengan petugas dua minggu sebelumnya. “Kami tak bisa memastikan kapan telepon bisa dipasang,” katanya.

Namun, petugas itu memberikan sedikit harapan. Dia bilang akan menyampaikan ke petugas survei agar memeriksa kesediaan jaringan di rumah kami. Tapi, dia tak bisa memastikan bila pemasangan akan dilakukan. Apakah seminggu, dua minggu, sebulan, setahun, seabad atau kapan survei atau bahkan pemasangan akan dilakukan.

Dia juga tidak bisa memberikan jawaban apa yang bisa aku lakukan selain menunggu.

Maka, jadilah saya aku menunggu hingga hari ini. Sudah sebulan sejak pendaftaran pertama. Namun, petugas Speedy ataupun Telkom itu tak juga datang.

Foto diambil dari iklan Speedy.

5 Comments
  • imadewira
    October 6, 2011

    Saya beberapa kali menerima telepon dari orang yang mengaku dari Telkom. Dia mengatakan bahwa nomor telepon rumah kami terpilih untuk promo pemasangan Speedy gratis. Biasanya saya iseng dengan bertanya macam-macam, seperti tarif, dan lain-lain. Tapi ujungnya saya akan menolak dan mengatakan bahwa sudah menggunakan layanan BlackBerry.

    Yang saya heran, kok bisa berkali-kali nomor saya terpilih. Saya curiga itu penipu, atau hanya akal-akalan pihak tertentu agar saya mau berlangganan layanan mereka.

    Btw, itu kalimat terakhir kok pakai kata “saya”? padahal diatasnya semua pakai kata “aku”.

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    kalo begitu, tulis saja di blog, om. siapa tau nanti ada yg menanggapi. 🙂

    terima kasih utk koreksnya soal saya dan aku.

    ReplyReply

    [Reply]

  • sireum
    October 7, 2011

    udah pake modem aja. lebih mudah. aku malah berencana mencabut telepon rumah. karena sama sekali tak terpakai…

    ReplyReply

    [Reply]

    a! Reply:

    hahaha. justru ini pengen coba pake speedy dulu. siapa tau lebih lantjar djaja. 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • Itik Bali
    October 18, 2011

    Kalo saya di Tabanan pasang speedy lumayan cepet. 3 Hari kelar. Mungkin di Denpasar banyak peminatnya kali ya mas…makanya rada lambat

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *