Ketika Aktivis Belajar Jadi Jurnalis

2 No tags Permalink 0
Well, akhirnya Klinik Jurnalistik [KaJe] pun kelar. KaJe diadakan 3-5 Agustus kemarin di Bedugul. Idenya muncul setelah beberapa teman aktivis penanggulangan HIV/AIDS sering minta diajarin nulis berita maupun artikel.

Semula maunya datengin aja ke tiap LSM satu per satu. Satu wartawan diminta ke satu lembaga. Ngajarin dasar2 jurnalistik hingga nulis artikel opini. Tapi kalo gitu akan susah. Soalnya tak semua wartawan bisa ngasi pelatian lengkap gitu. Belum lagi soal waktu.

Akhirnya ya udah diadain saja di luar kota dalam waktu tiga hari. Normalnya sih lima hari untuk materi dasar seperti dasar2 jurnalistik, berita langsung, berita kisah, dan artikel opini. Karena diadakan di luar kota, peserta bisa ngerjain tugas malam2. Sengaja pilih tempat dingin. Didapatlah di Bali Handara Kosaido, yg punya lapangan golf dan pemandangannya asik banget.

Pas baru dateng, 15 peserta dari 13 lembaga penanggulangan HIV/AIDS di Bali sudah kaget2 lita viewnya yg asik. But, mereka bilang sayang banget karena ga bisa puas menikmati pemandangannya.

Gimana bisa? Tiap hari mereka dikasi materi dari pukul 08.30 sampe 17.30 wita. Malamnya mereka ngerjain tugas. Pematerinya Slamet Riyadi [LP3Y], Wayan Junairta [The Jakarta Post], dan Darma Putra [Kolumnis, wartawan ABC]. Tugasku hanya ngasi tugas. :))

Hasilnya di bawah target. Masih banyak yg belum ngerti beda berita langsung dengan berita kisah. Nulis opini juga belum lancar. But, paling tidak udah ngasi sesuatu buat orang lain. Sudah berbagi ilmu pada teman2 aktivis itu. Tinggal nunggu apakah mereka bisa memanfaatkan ilmu itu..

No related content found.

2 Comments
  • Anonymous
    August 16, 2006

    wah bagus yah ada kegiatan seperti itu di bali, apakah saya boleh tau jadwalnya, siapa tau saya bisa ikut pas saya ke bali karena saya ke bali sebulan sekali. email saya dariawan@ifc.org

    thanks

    ReplyReply

    [Reply]

  • Anonymous
    November 22, 2006

    Keep up the good work
    »

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *