Ketik Reg Spasi Idiot!

14 , , , Permalink 0
Makin hari memang makin aneh-aneh saja iklan di TV. Kali ini soal banyaknya iklan tentang SMS yang bagiku sama sekali tidak masuk akal. Anehnya, hal-hal tak logis ini membordardir penonton TV tiap hari.

Iklan SMS itu beraneka rupa. Tapi pada dasarnya membujuk kita untuk berlangganan layanan tertentu dengan mengirim REG spasi bentuk layanan ke nomor tertentu. Secara sekilas, aku lihat layanan yang ditawarkan itu mulai dari ramalan nasib, jodoh, musik, tato, game, sampai agama. Semua campur aduk ada di sana.

Kalau SMS semacam agama masih mendinglah. Ini mungkin untuk orang-orang yang merasa hidupnya kering kerontang sehingga perlu siraman rohani. Tapi kadang-kadang malah aneh. Seolah-olah SMS tentang hal-hal religius, tapi buntutnya judi dalam bentuk tidak langsung. Hadiahnya.. umrah. Lha betapa anehnya, umrah kok hadiah dari judi. Batas yang profan dan sakral memang makin gak jelas lagi..

SMS yang paling tak masuk akal adalah soal ramalan nasib. Jadi kalau mau tahu tentang kerjaan apa yang cocok buat kita, silakan SMS weton kirim ke nomor XXX. Ada pula SMS Jodoh untuk menilai apakah pasangan kita saat ini berjodoh atau tidak dengan kita.

Secara terus menerus, iklan-iklan SMS itu mempengaruhi penonton TV. Seolah-olah SMS lah yang sekarang jadi Maha Kuasa. Kalau mau cari jodoh, cukup ketik Reg Jodoh. Kalau mau tahu pekerjaan yang cocok ketik Reg Weton. Sampai tato nama kita di tubuh Dewi Persik pun bisa. Wislah pokoke sama sekali tidak masuk akal.

Tentu saja tidak masuk akal. Bagaimana mungkin hanya dengan itung-itungan tidak jelas lalu SMS itu bisa menentukan apakah pasangan kita sekarang ini jodoh atau tidak. Bagaimana bisa hanya dengan melihat weton lalu kita bisa menentukan apa jenis pekerjaan yang harus kita pilih.

Ini semua hanya penipuan semata oleh para operator. Satu kali SMS tarifnya rata-rata Rp 2000. Aku pernah baca di Kompas kalau salah satu penyedia layanan bisa sampai mendapat 300 ribu SMS. Penyedia layanan itu mendaapat separuh dari tarif SMS. Berarti mereka bisa mendapat uang Rp 300 juta untuk SMS sebanyak itu. Tapi sebaliknya, bukannya untung, pelanggan malah buntung. Masih menurut Kompas, ada pelanggan sampai menghabiskan Rp 750 ribu dalam sebulan. Hasilnya, tidak ada yang berubah pada nasibnya.

SMS-SMS tak masuk akal itu memang jadi ironi zaman ini. Ketika teknologi justru digunakan untuk memasung akal sehat. Ketika banyak orang putus asa dengan hidupnya lalu merasa bahwa SMS itu bisa menjadi jalan keluar bagi masalahnya. SMS itu bukan memberi jawaban, tapi sebaliknya, menjajah pikiran.

Mari merayakan ironi kedangkalan omong kosong ini dengan mengetik Reg Spasi Idiot lalu kirim ke nomor HP masing-masing..

14 Comments
  • sherly
    November 16, 2008

    dari pertama ada yg gitu2an, aku ga ikut2an deh, bikin pulsa abis!

    ReplyReply

    [Reply]

  • devari
    November 16, 2008

    solusinya: pake tv berbayar aja 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • blad
    November 16, 2008

    parahnya lagi, klo ud ikutan, susah di unreg alias susah dibrentiinya. mangkanya jadi buntung 🙁

    ReplyReply

    [Reply]

  • rusakparah
    November 16, 2008

    Beginilah berbagai macam trik untuk mengeruk uang rakyat… sama ajalah kayak spamming ya?? ehh atau beda? hehehe

    Mending pulsa nya dipake yg bermanfaat.. kayak misalnya… menelpon gebetan? heheh

    ReplyReply

    [Reply]

  • wira
    November 17, 2008

    Sudah lama saya ingin protes masalah ini, tapi susah banget menuliskannya, syukurlah skg ada yang protes.

    Yang jelas layanan SMS longor itu tidak mendidik yang cederung merugikan masyarakat. Judi dilarang, tapi yang beginian dan jelas2 merugikan masyarakat kok ga dilarang ya? Tanya kenafa..

    ReplyReply

    [Reply]

  • alitkarnajaya
    November 17, 2008

    Targetnya providernya ini ya orang2 yang rendah tingkat pengetahuannya. Jadi gampang diboongin dan dibodohi.
    Untungnya saya ga bisa dibodohi.. hahaha,,
    *ktawa keras2..*

    ReplyReply

    [Reply]

  • sayapintarkok
    November 17, 2008

    saya ndak idiot, oom. jadi saya ndak mau kalo disuruh ngetik Reg Spasi Idiot lalu kirim ke nomor HP saya 😆

    ReplyReply

    [Reply]

  • GungWie
    November 17, 2008

    apakah banyak orang hopeless ya? atau kebanyakan pulsa sampe ikut kaya begituan.. hehehe

    ReplyReply

    [Reply]

  • gutulank
    November 18, 2008

    Wah, mungkin itu media hiburan alternatif.. dikampung saya banyak yang menjadi korban. mungkin karena sifat dasar manusia yang ingin tahu senhingga dikampung saya banyak yng coba ikutan reg[spasi] ek.ek trus ga tau gimana cara unreg sehingga pulsa mereka disedot habis. Mungkin minat mereka akan hal2 baru dan seru perlu diarahkan kearah lain, seperti ngeblog, kopdar, n dapet jodo… hehehe…
    jangan lupa ketik reg[spasi] gustulank kirim ke 9999. dukung saya ya… hahhaa….

    ReplyReply

    [Reply]

  • pande ndak baik
    November 18, 2008

    Yang beginian ini target sebetulnya itu bukan orang yang hopeless. Tapi anak muda terutama yang abg, baru tau hidup itu bagaimana. Berharap mereka akan menjadi kaya atau apapun itu seperti yang diiklankan. Setidaknya ada keinginan mencoba.

    ReplyReply

    [Reply]

  • minanube
    November 18, 2008

    begitulah mental masyarakat kita om.
    mungkin karna pendidikan kali ya.
    masak mau kaya cukup dengan ketik reg kaya

    ada2 saja

    ReplyReply

    [Reply]

  • bukan winardi
    November 20, 2008

    wah … namanya juga usaha bli. bwahahahahaha … ironi memang. perusahan telco makin kaya di indo, tapi cost yang harus dibayar oleh konsumen ga pernah turun hehehehe …

    ReplyReply

    [Reply]

  • imsuryawan
    November 20, 2008

    walah… di negara ini apa sih yang ga “idiot” bli? 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • meita
    January 11, 2010

    Terima kasih ya.. tulisannya menarik.
    Salam,
    Meita

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *