Jadi, Apakah Tuhan Bisa Berbahasa Inggris?

4 , , Permalink 0

Setelah proses selama sekitar enam bulan, buku ini pun terbit juga.

Buku God Do You Speak English? ini karya tiga orang yaitu Jeff Kristianto, Nina Silvia, dan Rini Hanifa. Mereka sukarelawan di VSO, lembaga berkantor pusat di Inggris yang memfasilitasi para sukarelawan untuk bekerja di daerah tertentu.

Jeff menjadi sukarelawan di Tajikistan. Nina di Bangladesh. Rini di Guyana, Amerika Latin. Masing-masing bekerja membantu komunitas lokal selama di sana. Misalnya Jeff dengan para perajin. Nina membantu komunitas Suku Asli. Rini membantu warga desa.

Selama menjadi sukarelawan, bekerja di negara penempatan dengan gaji kecil sesuai standar negara tersebut, mereka juga rajin membuat catatan. Buku setebal 348 halaman ini merupakan versi cetak dari catatan-catatan di blog tersebut.

Tapi, buku ini tak melulu soal perjalanan. Buku ini juga bercerita tentang budaya, agama, spiritualitas, dan ya plus curhat para penulisnya selama jadi sukarelawan. Judul buku yang diambil dari salah satu tulisan, misalnya, adalah refleksi salah satu penulis tentang hubungannya dengan Tuhan.

Ide awal untuk menerbitkan buku tersebut, setahuku datang dari Jeff. Dia teman kami di Bali. Jeff antusias banget membuat buku catatan perjalanan ini. Sejak akhir tahun lalu dia menghubungi Lode yang kemudian melimpahkan padaku. Setelah ngobrol bersama, aku kebagian jadi editor tulisan ketiga sukarelawan tersebut.

VSO Indonesia, yang berkantor di Denpasar, menjadi penyandang dana. Buku ini memang bagian dari upaya mengenalkan lembaga ini sekaligus kesukarelawanan yang mereka sebarkan.

Selama sekitar lima bulan inilah kami berjibaku membuat buku. Menyusun alur buku, memperbaiki tulisan, mencari penerbit, memilih foto-foto, memeriksa tata letak, dan akhirnya kemudian terbit juga.

Penerbit buku ini adalah ReneBook, Jakarta. Luqman Hakim Arifin, teman saat masih di majalah GATRA, yang mengelola penerbitan ini. Dengan dia pula kami lebih banyak berhubungan.

Jadi, begitulah. Dengan senang hati kami mengajak Anda sekalian membeli dan membaca buku ini sekaligus menikmati oleh-oleh dari Tajikistan, Bangladesh, dan Guyana. Semoga Anda juga bisa menemukan pertanyaan apakah Tuhan bisa berbicara Bahasa Inggris atau tidak. Hehehe…

Sebagai referensi bisa dicek di katalog ReneBook atau ulasan di Goodreads. Bagus-bagus lho ulasannya. *macak jualan kecap

4 Comments
  • Rusa
    June 12, 2013

    Keren keknya bukunya.
    Melihat dunia luar dengan mata penulis Indonesia.

    Salah satu buku dari banyaknya buku yg diangkat dari postingan di blog ya. Hehehe..

    ReplyReply

    [Reply]

  • Nich
    June 19, 2013

    Berhasil menelurkan sebuah karya, adalah pencapaian yang patut mendapat apresiasi, mas.
    Saya pun tergelitik dengan judulnya 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • dharmana
    June 23, 2013

    wkwkwkwk…… “Judulnya”
    yap 😀 judulnya membuat saya ingin mengucapnya terus .. Menggelitik…
    Isi dan maknanya kayaknya bagus..

    mampir jga ke blog saya ya om 🙂

    ReplyReply

    [Reply]

  • Putu Adi Susanta
    June 23, 2013

    oke..dimana bisa beli bukunya mas?

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *