Chomsky, Bush, dan Indonesia

2 No tags Permalink 0
Kemarin abis baca buku Chomsky untuk Pemula. Belinya di Gramedia minggu lalu pas lagi nyari buku tentang Ajeg Bali. Mumpung pas ada duit, sekalian aja beli. Karena Chomsky juga karena yang nerbitin Resist Book yang bukunya murah dan bagus.

Baca buku tentang Chomsky menarik. Dia salah satu pemikir yg banyak dikutip saat ini karena ide-idenya tentang linguistik, media, dan Amerika Serikat. Tidak terlalu baru sih ide-ideen di buku itu. Cuma jadi lebih tau tentang dia aja.

Yang menarik tuh ada bagian catatan pertemuan rahasia antara Bush senior dengan Saddam ketika masih berkuasa. Bush ngasi duit dan senjata untuk Iraq. Abis itu Iraq nyerbu Kuwait. Jadilah perang teluk 1991 waktu itu. Iraq diserbu sekutu waktu itu dan kalah.

Lalu, lebih dari 10 tahun kemudian, Saddam diserbu lagi sama anaknya Bush senior. Dan kalah. Lucu aja cerita ini. Kalau pembunuhan dilakukan beberapa orang, itu disebut terorisme. Tapi kalau dilakukan Amerika Serikat, negara adi daya, disebut pembebasan untuk demokratisasi. Alamak..

Bagian yang menarik lagi juga cerita soal pembunuhan orang Partai Komunis Indonesia pada 1965-1966. Kata Chomsky, Amerika Serikat juga ikut waktu itu. Dalihnya mengalahkan komunisme. Kini, pembersihan itu terjadi lagi. Musuhnya bukan komunisme, tapi militan Islam.

Dunia memang berputar terus. Semoga aja aku masih hidup ketika Amerika akan jadi masa lalu seperti Yunani, Romawi, Uni Soviet..

2 Comments
  • AH
    April 1, 2006

    Bung Jirov, salam. Lama tak berkunjung. Selain Chomsky, sudah baca John Perkins (Confession of the Economic Hitman)?

    ReplyReply

    [Reply]

  • Toto
    December 1, 2006

    Wah, saya tertarik sama bukunya Chomsky nih, belum pernah baca sih. Dapet nya di mana ya buku2 nya Chomsky..??
    Anyway, salam kenal

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *