Bikin Komunitas Blogger Denpasar

12 No tags Permalink 0
Sebenarnya udah lama pertanyaan -atau kegelisahan- ini muncul. Kenapa ya aku kok gak pernah denger ada Komunitas Blogger di Bali, atau setidaknya di Denpasar? Aku cari berkali-kali di blogger atau google juga ga ketemu. Asumsiku: memang belum ada komunitas blogger di Denpasar.

Padahal komunitas blogger di kota lain begitu hidup. Bandung dengan Bandung Blog Village, Jogja dengan Angkringan, Semarang dengan Loenpia, dan seterusnya. Mereka bisa saling mendukung. Dan yang paling penting adalah bisa menyebarluaskan gagasan ttg blog ke orang lain. Bagiku sih itu bagian dari demokratisasi melalui internet.

Lalu ide untuk bikin komunitas itu nongol lagi minggu-minggu ini. Awalnya sih setelah baca Time edisi akhir tahun lalu. Media portal personal semacam blogger, myspace, youtube, dst ternyata telah mengubah dunia. Aku baca juga tabloid Kontan edisi minggu lalu tentang komunitas blogger di kota lain. Lalu kenapa di Bali begitu sunyi?

Dua hari ini aku surfing lagi. Cari-cari blogger di Denpasar. Yang sudah aku kenal dan akrab dari dulu sih pasti si nyempluk.blogspot.com. Juga blog Jun, teman wartawan The Jakarta Post, di jiwamerdeka.blogspot.com dan punya Marlowe di electronpost.blogspot.com. Setauku Ebo Bog-Bog juga punya tapi aku lupa alamat blognya. Ada pula telagabening.blogspot.com, blog.bukukita.com/user/penabali (ini punya Didik wartawan Radar Bali Koran Pak Oles). Pernah pula aku liat juga gerenceng.blogspot.com dan somebali2love.blogspot.com punya Kang Ayip Matamera.

Hari ini aku dapat ada herman13.blogspot.com, ex3me.org, dan gleamland.web.id. Ada thelastpopok.blogspot.com, kabarpositif.blogspot.com, dan liverpulet.blogspot.com. Intinya makin banyak deh blogger di Bali.

Kalau udah begitu banyak, kenapa ya kok belum ada komunitasnya? Bukan utk gagah2an. Tapi untuk makin membuat orang lain sadar bahwa blog itu begitu mengasyikkan. Mungkin memang harus dimulai ngomporin biar segera ada komunitas itu..

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *