BBC, The Most Promising Blogger Community 08

43 , , , Permalink 0

Sebuah pesan singkat masuk ke ponselku Sabtu sore lalu. Iqbal Prakasa, Panitia Pesta Blogger 2008 memberi kabar kalauBali Blogger Community (BBC) masuk salah satu komunitas blogger yang mendapat penghargaan di PB 08. Aku tidak terlalu mengerti soal apa. Tak lama kemudian, Fenny, teman di BBC yang hadir di PB di Jakarta sana juga SMS dengan isi tak jauh beda.

Lalu aku berburu informasi malamnya. Dari Iqbal, Fenny, milis, juga beberapa website inilah yang aku dapat. BBC mendapat penghargaan sebagai The Most Promising Blogger Community 2008. Kata Panitia PB sih karena komunitas ini, meski baru setahun berdiri tapi sudah banyak melakukan kegiatan untuk masyarakat.

Well, penghargaan bukan tujuan utama kami bikin banyak kegiatan. Tapi tentu saja kami senang bukan kepalang ketika ada yang menghargai kegiatan-kegiatan kami. Maka, kami tentu patut bersuka cita karena penghargaan ini. Setidaknya kami tak hanya ada, tapi juga sesuatu di antara sekitar 34 komunita sejenis di Indonesia..

Mari berpesta, Beloggers. Hehe..

Oh ya, ini beberapa berita tentang penghargaan tersebut. Di Tempo Interaktif, Duta Masyarakat, dan inilah.com. Foto di atas punya si Fenny. Nyolong..

http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2008/11/22/brk,20081122-147486,id.html

Dua Komunitas Blogger Raih Penghargaan

Sabtu, 22 November 2008 | 15:52 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pesta Blogger 2008 turut diramaikan dengan pemberian penghargaan. Namun, tidak seperti tahun lalu, penghargaan kali ini tidak diberikan untuk perseorangan, tapi pada komunitas blogger.

“Ini seiring dengan tema tahun ini ‘Blogging for Society’,” ujar panitia acara yang juga dijuluki Bapak blogger, Enda Nasution, Sabtu (22/11).

Penghargaan diberikan pada komunitas blogger yang telah memberikan dampak positif di lingkungan masing-masing.

Blog komunitas asal Yogyakarta, CahAndong (http://cahandong.org/) terpilih sebagai penerima penghargaan Blogging for Society Award 2008. Menurut Enda, blog yang online sejak 1 November 2006 ini paling aktif mengadakan kegiatan, termasuk pelatihan blog ke sekolah – sekolah.

Sementara itu, komunitas blogger Bali (http://baliblogger.org/) mendapat penghargaan The Most Promising Blogger Community 2008 atas perkembangannya yang pesat. “Mereka baru terbentuk saat pesta blog tahun lalu,” ujar Enda.

Dalam satu tahun, komunitas yang terbentuk 11 November 2007 ini mampu melakukan banyak kegiatan untuk masyarakat. Pemenang mendapatkan hadiah uang tunai sepuluh juta rupiah dari Oxfam dan satu unit komputer.

Penghargaan ini diharapkan dapat merangsang banyak komunitas blog terbentuk. Dengan banyaknya komunitas perubahan di masyarakat lebih cepat terjadi.

“Komunitas menjadi jembatan antara apa yang ditulis dengan dunia nyata,” ujarnya. Menjadi blogger membuat orang lebih terbuka untuk bertukar pikiran dan tidak apatis. “Blogger dilatih untuk inisiatif dengan lingkungannya,” kata dia. [Vennie Melyani]

http://dutamasyarakat.com/1/02dm.php?mdl=dtlartikel&id=6323

Ahad, 23 November 2008

PestaBlogger 2008: Bukan Sekadar Hobi

JAKARTA-Ribuan blogger dari seluruh Indonesia bertemu dalam ajang PestaBlogger 2008 di Gedung BPPT, Jakarta, Sabtu (22/11) kemarin. PestaBlogger ini juga dihadiri lima blogger dari luar negeri. Salah satunya blogger Malaysia yang pernah ditahan karena mencemarkan pemerintah, Jeff Ooi.

“Tahun lalu PestaBlogger 2007 cukup sukses dan tahun ini popularitasnya semakin meningkat. Melalui ajang ini para blogger seluruh Indonesia bisa menunjukkan kontribusi positif kepada masyarakat,” ujar Ketua Panitia Pesta Blogger 2008 Wicaksono.

Pesta Blogger 2008 memberikan penghargaan Blogging for Society Award pada komunitas blogger yang konsisten pada kegiatan blogging dan telah melakukan aktivitas sosial pada masyarakat.

“Saya datang ke sini sendiri. Saya ke sini karena ingin kumpul dengan blogger se-Indonesia. Saya bahkan datang ke sini izin untuk tidak kuliah,” ujar Brilianty, blogger asal Surabaya.

Dia mengaku datang atas inisiatif sendiri dan tidak bersama dengan komunitas blogger se-Surabaya. “Saya memang kenal dan suka kumpul dengan komunitas blogger Surabaya tapi saya tidak terlalu aktif,” ujar blogger yang kini kuliah di Stikom Surabaya dan sudah nge-blog sekitar 4 tahun ini.

Hal senada diungkapkan blogger asal Jakarta Agus Widodo yang datang sendiri ke PestaBlogger 2008. “Saya suka ngeblog tapi saya nggak aktif ikut komunitas Blogger Jakarta. Saya datang ke sini karena ingin berkumpul dengan blogger dan belajar dari blogger yang senior,” ujar mahasiswa YAI ini.

Pesta Blogger 2008 digelar sebagai forum alternatif bagi para blogger di Indonesia untuk bertemu secara langsung. Selain itu juga saling bertukar informasi dan memperluas jaringan. Hingga saat ini tercatat 300 ribu blogger atau pemilik blog di Indonesia. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 150 ribu. Hal ini menunjukkan pertumbuhan blog yang sangat pesat di Tanah Air.

Masih Hobi
Dalam kesempatan itu, blogger Malaysia, Jeff Ooi, menilai blogger Indonesia masih sebatas hobi. Padahal blogging seharusnya bisa memberikan saran untuk membantu memajukan negara.

“Blogger Indonesia saat ini masih bersifat komunitas, mereka hanya berkumpul untuk sekadar bertemu. Indonesia yang merupakan negara demokrasi seharusnya bisa memanfaatkan blog untuk mengawasi pemerintah dan memberikan saran untuk memajukan negara,” ujarnya di sela ajang PestaBlogger 2008. Jeff Ooi pernah menulis korupsi di pemerintahan Malaysia. “Menulis di blog itu bebas. Tidak ada batasan apa pun selama tulisan tersebut tidak membahayakan negara serta pemerintah dan juga mencemarkan nama baik orang atau institusi,” ujarnya.

Jeff Ooi merupakan salah seorang news-blogger paling terkemuka di Malaysia. Ia memperoleh status ini karena mulai menggunakan kekuatan blog untuk mendobrak kekangan pemerintah Malaysia terhadap surat kabar dan media tradisional lain.

Jeff juga mencetak sejarah sebagai salah satu individu yang meniti jenjang karir politiknya melalui blog. Tergabung dalam partai oposisi DAP, Jeff Ooi berhasil memenangkan kursi parlemen pada Pemilihan Umum di Malaysia, Maret 2008 lalu.

Blog-nya, Screenshots, dikunjungi hampir 200.000 orang dan meraih hampir seperempat juta page views per bulan dan pernah memenangkan penghargaan “Reporters sans Frontieres” Freedom Blog Award for Asia. Ia juga pernah diundang sebagai pembicara di Harvard University dan the World Summit on the Information Society (WSIS).

Bali Juara
Sementara itu Komunitas Bali Blogger Community (BBC) sukses menyabet juara Blogging For Society Award 2008 di ajang Pesta Blogger 2008. Komunitas ini dianggap aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. “Kami berterimakasih pada seluruh panitia PestaBlogger 2008 dan seluruh blogger se-Indonesia. Blog ternyata juga bisa menjadi ajang komunikasi dan juga sosialisasi terhadap masyarakat sekitar,” ujar Fenny perwakilan dari BBC usai menerima hadiah dan plakat penghargaan.

BBC yang dipimpin oleh Anton Muhajir ini telah menggelar berbagai kegiatan sosial sebelumnya seperti buka puasa bersama Panti Asuhan Tat Twam Asi di Bali dan menggelar lomba menulis blogger di ajang Kuta Karnival 2008. Bali Blogger Community disingkat BBC adalah nama komunitas blogger Bali. BBC resmi terbentuk pada 11 November 2007 di Denpasar, Bali. Cikal bakal BBC sendiri sudah dimulai sejak Juni 2007 yang dimulai dengan berkumpulnya empat blogger Bali. Ini sekaligus kopi darat pertama Blogger Bali. Sebagai tindak lanjut kopi darat itu, dibuatlah mailing list baliblogger@yahoogroups.com. Dari sini, satu per satu blogger Bali mulai menghimpun diri. Hingga kemudian pada kopi darat ketiga yang diikuti 33 blogger Bali dari beragam latar belakang, BBC resmi berdiri. Saat ini sudah ada 250 anggota BBC.

“Kami memang baru di komunitas blogger karena kami baru setahun tapi kami yakin blog bisa merubah sesuatu,” ujar Wibisino. (inc)

http://inilah.com/berita/teknologi/2008/11/22/63696/bali-blogger-juara-pesta-blogger-2008/

22/11/2008 21:59
Bali Blogger Juara Pesta Blogger 2008

Augusta B. Sirait

INILAH.COM, Jakarta- Komunitas Bali Blogger Community (BBC) sukses menyabet juara Blogging For Society Award 2008 di ajang Pesta Blogger 2008. Komunitas ini dianggap aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

β€œKami berterimakasih pada seluruh panitia Pesta Blogger 2008 dan seluruh blogger se-Indonesia. Blog ternyata juga bisa menjadi ajang komunikasi dan juga sosialisasi terhadap masyarakat sekitar,” ujar Fenny perwakilan dari BBC kepada INILAH.COM usai menerima hadiah dan plakat penghargaan.

BBC yang dipimpin oleh Anton Muhajir ini telah menggelar berbagai kegiatan sosial sebelumnya seperti buka puasa bersama Panti Asuhan Tat Twam Asi di Bali dan menggelar lomba menulis blogger di ajang Kuta Karnival 2008.

Bali Blogger Community disingkat BBC adalah nama komunitas blogger Bali. BBC resmi terbentuk pada 11 November 2007 di Denpasar, Bali. Cikal bakal BBC sendiri sudah dimulai sejak Juni 2007 yang dimulai dengan berkumpulnya empat blogger Bali. Ini sekaligus kopi darat pertama Blogger Bali. Sebagai tindak lanjut kopi darat itu, dibuatlah mailing list baliblogger@yahoogroups.com.

Dari sini, satu per satu blogger Bali mulai menghimpun diri. Hingga kemudian pada kopi darat ketiga yang diikuti 33 blogger Bali dari beragam latar belakang, BBC resmi berdiri. Saat ini sudah ada 250 anggota BBC.

β€œKami memang baru di komunitas blogger karena kami baru setahun tapi kami yakin blog bisa merubah sesuatu,” ujar Wibisino Sastrodiwiryo yang menjadi anggota BBC tapi berdomisili di Jakarta.[ito]

43 Comments
  • Tonny Trisnawan
    November 24, 2008

    waahhh.. selamat untuk BBC. Harapan, supaya makin sukses ke depannya…

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    jangan lupa ikut serta kalo kopdar, bli. biar makin sukses. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • pande ndak baik
    November 24, 2008

    Horaaayyyy…. eh Hiiii555555…..
    Silahkan kepada Bapak BLogger BaLi, saudara Anton MuHajir mengambil tempat yang telah disediakan….

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    hi 55 jg. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Hendra W Saputro
    November 24, 2008

    Selamad bagi para pejuang cinta, laskar bali beloger.

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    berkat mas hendro semua jd terwujud. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • Yanuar
    November 24, 2008

    selamat buat BBC
    maju terus Belog’er Bali

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    maju terus pak de yanuar. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • sherly
    November 24, 2008

    Congratulation BBC πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    tengkiu..

    ReplyReply

    [Reply]

  • dian
    November 25, 2008

    congraaaatttttss!! πŸ™‚ tapi nda bisa ikut makan2nya.. πŸ™

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    kan kamu udah ikut pestanya di jkt. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • gung ws
    November 25, 2008

    wow!selamat yaaa….
    pengen join juga…:)

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    silakan join. emang belum ikut ya?

    ReplyReply

    [Reply]

  • HeLL-dA
    November 25, 2008

    Selamat utk BBC..
    πŸ˜‰

    Keep blogging!

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    makasih selamatnya.

    ReplyReply

    [Reply]

  • viar
    November 25, 2008

    Bravo BBC…
    Longlive bali blogger community!

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    bravo viar! :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • wira
    November 26, 2008

    Bravo BBC….

    *ikut senang walaupun belum bisa berbuat banyak untuk BBC

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    mentang2 lg cari PNS. πŸ˜€ makanya sing taen pesu jani. hihi..

    ReplyReply

    [Reply]

  • nono
    November 26, 2008

    sukses buat BBC… πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    sukses juga buat nono. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • Deddy Andaka
    November 26, 2008

    Selamat buat BBC! Mudah2an saya sempet ngumpul bareng anak2 BBC πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    ayo, dong. belum sempet kumpul jg neh.

    ReplyReply

    [Reply]

  • wandira
    November 26, 2008

    Sukses terus buat BBC, kecil kecil cabe rawit

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    ayo2. kalo semua ikut serta pasti jd lebih perkasa. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • didut
    November 26, 2008

    CONGRATZZ!!!

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    makasih..

    ReplyReply

    [Reply]

  • ick
    November 26, 2008

    ndak ada kata terlambat buat ucapin selamat

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    yoih. ga ada kata terlambat pula utk tidak ikut kumpul2. hehe..

    ReplyReply

    [Reply]

  • imsuryawan
    November 26, 2008

    saya ikut senang… πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    saya juga. πŸ˜€

    ReplyReply

    [Reply]

  • Bul
    November 28, 2008

    selamet yaaa… biarin dah telat… hehe

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    selamat buat kita semua. ayo dong sekali2 ikut kumpul. biar seru..

    ReplyReply

    [Reply]

  • blad
    November 29, 2008

    waaahhhhh….. slamettt πŸ˜‰
    kapan makan2 ni?? hehehe

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    kan udah makan2 di kertalangu. kamu sih ga dateng. kalah sama gung wie. hehe..

    ReplyReply

    [Reply]

  • biyung nana
    November 30, 2008

    ya ya.. dengan blog kita bisa ubah dunia… πŸ˜‰

    selamat untuk BBC.

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    ayo2..

    btw skali2 nongol dong. :p

    ReplyReply

    [Reply]

  • dendin
    December 2, 2008

    wah seru ya dan selamat buat BBC maju terus pantang mundur πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

    antonemus Reply:

    tengkiu..

    ayo dong bantu biar terus maju. πŸ™‚

    ReplyReply

    [Reply]

  • Tumik
    December 5, 2008

    Waduh, bikin ngiler..

    ReplyReply

    [Reply]

  • soulharmony
    December 8, 2008

    Selamat Ya,salam dari Komunitas Blogger KalSel
    (http://kayuhbaimbai.org)

    ReplyReply

    [Reply]

  • BlackHat
    August 17, 2009

    Selamt buat kalian,salam hangat dari kami…

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *