BBC on Air dan Buku Mai Melali

7 , , , , Permalink 0
Sabtu (20/6/09) kemarin sebagian anggota Bali Blogger Commmunity (BBC) kumpul di angkringan Pasar Burung, Sanglah. Nongkrong usai main futsal sama anak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana (BEM), oya kami kalah dengan skor telak 12-6, ini diikuti sekitar 20 orang.

Sambil menikmati menu khas angkringan seperti nasi kucing, sate jeroan, wedang jahe, dan seterusnya, kami mendiskusikan beberapa rencana agenda BBC ke depan. Dua di antara agenda tersebut adalah rencana BBC on Air alias siaran BBC di radio. Ini rencana siaran rutin di Bali FM terkait dengan blogging maupun dunia teknologi informasi secara umum.

Proses ini sedang berjalan. dr Oka dan Winarto yang akan mengoordinir siaran tiap minggu ini. Kami sih maunya siaran ini digilir pemateri dan temanya. Misalnya blogging for tourism ya diisi teman-teman yang mengurus blog untuk pariwisata, blogging for narsism yang diisi temen-temen yang narsis abis, blogging for creativism diisi teman-teman yang kreatif, dan seterusnya.

Ide sedang digodok. Pendekatan dengan radio sedang dilakukan. Semoga lancar dan ide ini bisa berjalan.

Rencana lain yang kami diskusikan adalah soal buku. Ide ini sebenarnya sudah lama. Lalu diskusi dengan Winarto dan Gus Tulank pekan lalu kembali mengusik. Masak sih BBC tidak bisa bikin buku. Ide ini diobrolin Sabtu kemarin. Tak ada satu pun yang keberatan. Semua mendukung ide ini. Jadi jalan saja.

Tema buku ini adalah Melali ala Blogger Bali. Melali artinya jalan-jalan. Tema ini muncul sebagai bentuk kompromi antara sisi hobi sekaligus komersil. Kami sebut hobi karena siapa sih blogger yang tidak suka jalan-jalan dan menulis. Sedangkan sisi komersil karena maunya buku ini juga layak untuk dijual. Ya di Bali sih tentu saja buku soal jalan-jalan.

Penulis buku ini siapa pun boleh asal anggota BBC. Temanya jalan-jalan. Lalu ada sub tema seperti tempat (misalnya Tanah Lot, Taman Ayu, dst), kegiatan (seperti Perang Pandan, Pesta Kesenian Bali, Lomba Layang-layang, dst), kuliner (antara lain resto atau makanan), dan gaya hidup (tempat hang out, dst).

Selain tulisan, akan ada juga foto dan ilustrasi. Ini untuk teman-teman yang suka desain dan foto sekaligus pendukung tulisan. Aneh juga kan kalau tulisan jalan-jalan tanpa foto. Nah ini adalah bagian teman-teman di BBC yang suka foto.

Untuk mengurusi buku itu, tiga teman di BBC yang akan koordinir. Ada Dek Didi, Pak De Yanuar, dan aku. Sloka Institute akan menangani urusan secara keseluruhan seperti editing, desain, cetak, dan penjualan. Terus biaya cetak akan diupayakan dari sponsor. Kalau tidak ya cuk-cukan alias urunan. Oya, hasil penjualan nanti akan lari ke kas BBC.

Maunya sih buku ini bisa terbit pas Oktober nanti biar pas Pesta Blogger tahun ini, kami bisa bawa sesuatu untuk dijual di sana. Jadi sambil jalan-jalan dan ketemuan dengan blogger se-Indonesia, kami juga jualan buku. Hehehe..

Tertarik untuk ikut menulis? Silakan gabung dengan kami..

7 Comments
  • balibuddy
    June 22, 2009

    mery gud IDEA bos, lanjutkan !

    ReplyReply

    [Reply]

  • didut
    June 22, 2009

    loh dibali ada nasi kucing?!?!? 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • putri
    June 22, 2009

    idenya bagus…. jadi pengen posting tempat wisata nih… hehe!
    Btw, aku baru tau, ternyata BEM Unud masi ada ya…. kirain uda ga ada lagi.

    ReplyReply

    [Reply]

  • asn
    June 23, 2009

    bole nyumbang bos? itu juga kalo layak tampil secara saya kalo nulis ga pake eyd

    ReplyReply

    [Reply]

  • Cadink
    June 26, 2009

    Kapan2 ikut ngumpul yach.. 😀

    ReplyReply

    [Reply]

  • rio seto
    July 11, 2009

    selamat malam bli anton, saya sedang melali blog (hehe enak saja buat istilah), dan melai dari sana minggu lalu… (sudah selamat tiba di bandung), terimakasih, salam

    ReplyReply

    [Reply]

  • Tumik
    July 13, 2009

    pengen gabung…

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *