Agar Tak Lupa Bayar Iuran BPJS Kesehatan

1 , Permalink 0

Foto makassar.tribunnews.com

Hidup orang zaman sekarang terlalu banyak tagihan.

Dalam sebulan, bisa harus bayar lebih dari lima kali. Listrik, pulsa telepon, Internet, asuransi, kartu kredit, dan banyak lagi.

Bagi sebagian orang, daftar itu mungkin bisa bertambah dan lebih panjang. Bayar asuransi saja bisa berbeda-beda: asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan. Bayar kredit juga bisa banyak pula: kredit rumah, kredit mobil, kredit motor, hingga kredit hape.

Makin banyak tagihan, makin banyak hal harus diingat tiap bulan. Padahal, mikir kebutuhan sehari-hari saja sudah pusing tujuh turunan.

Salah satu tagihan yang sering aku lupa adalah iuran BPJS Kesehatan. Penyebabnya sederhana, bagi nasabah Bank BNI sepertiku, bayar iursan BPJS Kesehatan hingga saat ini hanya bisa dilakukan dengan cara ke teller langsung atau lewat ATM.

Keduanya menyusahkan karena tak selalu aku ingat. Kadang, pas ingat, malas ke ATM apalagi ke bank. Beda dengan tiga tagihan utama yaitu Internet, listrik, dan kartu kredit yang bisa dibayar lewat Internet ataupun SMS banking.

Karena geregetan, aku pun mengirim saran berikut ke pelaksana BPJS Kesehatan melalui kotak saran di website mereka.

Saya dan tiga anggota keluarga lain sudah daftar BPJS Kesehatan. Namun, saya sering lupa kalau bayar iuran bulanan. Alasannya karena harus ke ATM tiap bulan.

Sekadar saran. Jika pembayaran iuran bisa dilakukan lewat internet, misalnya online atau lewat e-banking, maka akan sangat memudahkan kami ataupun peserta lainnya.

Mohon kiranya agar pembayaran lewat internet bisa segera diwujudkan.

Dua hari kemudian, pelaksana BPJS Kesehatan mengirim jawaban lewat email tentang cara pembayaran BPJS Kesehatan. Bukan lewat Internet atau SMS banking yang aku sarankan tapi lewat ATM dan teller.

Yah, ini sih sami mawon.

Yth. Bapak Anton Muhajir,

Terima kasih atas keluhan yang disampaikan melalui website BPJS Kesehatan dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Menjawab pertanyaan Bapak, kami menginformasikan peserta untuk memastikan penginputan virtual account secara benar dan agar pembayaran dilakukan di bawah tanggal 5 di bulan berjalan.

Untuk pembayaran dapat dilakukan kembali melalui setor tunai langsung ke teller (bank yang masih menerima setor tunai) atau ATM bank Mandiri, BRI dan BNI atau mesin EDC di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

Jika pembayaran melalui satu bank terkendala, kami sarankan untuk mencoba pembayaran di bank lain yang bekerjasama. Alur pembayaran melalui mesin ATM sebagai berikut :

1. Mandiri
a. Pilih menu Bayar/Beli
b. Pilih menu Lainnya
c. Pilih menu BPJS
d. Pilih menu BPJS Kesehatan
e. Pilih menu Individu
f. Masukkan nomor Virtual Account peserta
g. Silahkan konfirmasi jumlah bulan bayar (input angka 1, untuk 1 bulan, dst)
h. Jika atas nama dan jumlah iuran telah sesuai, Pilih menu Ya

2. BRI
a. Pilih menu Transaksi Lainnya
b. Pilih menu Pembayaran
c. Pilih menu Lainnya
d. Pilih menu BPJS Kesehatan
e. Masukkan nomor Virtual Account peserta
f. Muncul atas nama dan jumlah tagihan
g. Inputkan nominal jumlah tagihan yang akan dibayarkan
h. Pilih Ya jika benar

3. BNI
a. Pilih menu Lainnya
b. Pilih menu Pembayaran
c. Pilih menu Berikutnya
d. Pilih menu Berikutnya kembali
e. Pilih JKN/BPJS Kesehatan
g. Masukkan nomor Virtual Account peserta
h. Pilih menu Benar
i. Masukkan jumlah bulan bayar (input angka 01, untuk 1 bulan, dst) Jika atas nama dan nominal iuran sudah benar, pilih menu Ya
j. Pilih menu Rekening Tabungan atau Giro

Pembayaran BPJS Kesehatan menggunakan nomor virtual account yang dapat diketahui melalui nomor kartu BPJS Kesehatan, dimana diawali 5 digit kode bank, kemudian dilanjutkan 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan (dihilangkan “00” 2 digit awal).
a. BNI/BRI 88888 ***********
b. Mandiri 89888 ***********

Beberapa fasilitas bank yang bekerjasama sudah dapat melakukan pembayaran melalui e-banking atau pendaftaran autodebet melalui CS bank tersebut.

Informasi lain juga dapat diperoleh dengan menghubungi Pusat Layanan Informasi 24 jam 500400 atau kantor cabang BPJS kesehatan setempat. Layanan email konfirmasi balasan ini tidak bersifat berbalas, peserta dapat menyampaikan informasi atau keluhan melalui website BPJS Kesehatan.

Demikian kami menginformasikan, semoga Bapak beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat. Terima kasih telah mengunjungi website BPJS Kesehatan.

Salam,

BPJS Kesehatan

1 Comment
  • gungws
    August 15, 2015

    kalau saya sih pake mandiri banking – asuransi – bpjs individu
    yg masih jadi misteri, selain prosedur peyalanan kalau checkup,
    bisa ga dibayar sekalian untuk satu KK ya? capek juga mesti masukin nomer satu2…

    ReplyReply

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *